Ilustrasi gambar arti dan hakikat sukses. (Foto: int).

PROFESI-UNM.COM – Sukses itu adalah pilihan, Komitmen pribadi dan bukan karena faktor kebetulan atau nasib. Jika anda ingin sukses dan berani memperjuangkan walau dengan harga yang mahal sekalipun, maka cepat atau lambat anda akan sukses.

Sukses bukan selalu dilihat dari kepemilikan akan kekayaan, keuangan, atau popularitas. anda tetap menjadi pribadi yang sukses sekalipun tidak kaya dan tidak populer. Itulah pndangan kaum idealis tentang sukses.

Selama anda memiliki cita-cita yang terwujud anda puas menikmatinya, maka tidak ada alasan bagi siapapun untuk tidak sukses selama mereka mengetahui cara sukses.

Seseorang bisa disebut sukses, apabila:
(1) mempunyai cita-cita,
(2) bisa berhasil mencapai ciata-cita, dan
(3) menikmati keberhasilan mencapai cita-cita.

Sebaliknya disebut gagal, apabila:
(1) tidak mempunyai cita-cita,
(2) mempunyai cita-cita tapi belum mampu diwujudkan, dan
(3) telah mencapai cita-citanya, tetapi tidak menikmatinya.

Formula sesderhana dari sukses merupakan hasil perkalian dari AXBXCXD = 1. Dimana: A = Alat, B = Bekerja, C = Cita-cita atau tujuan, dan D masing-masing tidak diperkenankan bernilai Nol (0)) tetapi harus bernilai 1 atau lebih. = Doa (A, B, C, dan D Menjadi pengusaha tidak bisa ditunda-tunda sampai suatu saat nanti.

Menjadi pengusaha hanya bisa dimulai dan sekarang, oleh diri anda sendiri dengan modal yang anda pegang saat ini. Bila takut untuk memulai, maka selamanya ketakutan itu tidak akan pergi dari benak hati anda. Ketakutan hanya bisa dilawan dengan keberanian untuk memulai.

Selama anda tidak memunculkan keberanian dalam diri anda untuk melawan ketakutan yang bersemayam di benak anda, maka anda selamanya hanya dihantui oleh ketakutan diri sendiri, ketakutan untuk memulai, dan ketakutan lain yang tidak beralasan.

Tulisan ini dikutip dari buku dengan judul “Enterpreneurship, Strategi Menuju Sukses” oleh Husain Syam. Buku ini diterbitkan oleh Badan Penerbit UNM pada tahun 2019.

*Reporter: Khuznul Khotimah