Vektor 7 Tips buat mahasiswa baru, Jumat (16/04)- (Foto: Irsan-Profesi).

PROFESI-UNM.COM – Masa peralihan dari masa sekolah menengah ke perguruan tinggi cukup membuat banyak siswa khawatir dan cemas,
tak sedikit diantara siswa pun merasa penasaran dan senang di masa peralihan ini.

Lingkungan kampus sangat berpengaruh terhadap kesuksesan mahasiswa di kampus baik itu sistem perkuliahan perguruan tinggi, dosen, lingkungan, keluarga, pergaulan ataupun dari diri sendiri.

Dikutip dari Blog.Gamatechno.com ada 7 tips dan trik menghadapi dunia kampus sebagai mahasiswa baru :

  1. Manfaatkan masa ospek untuk mengenali kampus barumu
    Ospek merupakan masa orientasi atau pengenalan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus. Namun sayangnya, banyak para maba yang takut atau ragu untuk mengikuti ospek karena alasan takut dimarahi-marahi senior, padahal masa orientasi ini memiliki banyak manfaat bagi para maba untuk bisa survive selama 4 tahun kedepan. Contohnya di masa ospek ini, kamu bisa berkenalan dengan teman-teman baru dari berbagai daerah. Walaupun tidak satu jurusan siapa tahu merekalah yang akan menjadi teman sejatimu selama kuliah. Selain itu ospek melatih mental para maba agar siap menghadapi masa-masa kuliah yang penuh rintangan. Ingat, jadi mahasiswa tidak sama dengan jadi pelajar SMA, di sini kamu dituntut untuk mandiri dan mampu menghadapi tantangan.
  2. Pandai Memilih Teman Baru
    Memilih teman juga merupakan kunci keberhasilan kamu dikampus. Memilih teman, berarti kamu memilih masa depan kamu. Yakin saja, kamu akan kesulitan menjadi mahasiswa hebat jika kamu tidak berteman dengan orang orang yang hebat. Begitu pula sebaliknya, kamu akan kecipratan ilmu jika kamu berteman dengan orang orang yang rajin belajar. Pilihlah teman baru yang baik, berkualitas, karena itu sedikit banyak akan sangat mempengaruhi pribadi kamu. Sekali lagi, memilih teman, berarti memilih masa depan.
  3. Jangan ragu bertanya kepada senior
    Setiap fakultas dan jurusan biasanya memiliki “tradisi” sendiri baik itu dalam bidang akademik maupun non akademik. Oleh karena itu, kamu harus mau mencari tahu apa yang boleh maupun yang tidak boleh dilakukan di kampus dan juga kamu bisa mencari tahu tipe-tipe dosen yang mengajar di jurusanmu agar terhindar dari dosen killer. Nah, untuk mengetahui hal-hal tersebut salah satu sumber yang bisa kamu tanyai adalah senior yang mengambil jurusan yang sama. Biasanya ketika masa orientasi akan ada kakak senior yang membimbing para maba. Kalian bisa memanfaatkan moment tersebut untuk mengenal senior sehingga bisa mudah dalam mencari informasi.
  4. Pelajari cara atur keuangan
    Biasanya ketika beranjak kuliah, banyak di antara kamu yang mendapatkan uang saku secara berkala misalnya mingguan atau bulanan. Ketika mengalami situasi seperti ini, kamu dituntut untuk terampil dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran yang dibutuhkan. Jangan sampai pengeluaran yang terlalu banyak. Tidak jarang kamu mungkin mengalami kehabisan uang saku padahal “jatuh temponya” masih jauh. Tentunya hal ini akan berdampak pada kegiatan kamu ke depannya dimana kamu tidak dapat memenuhi kebutuhan kamu lainnya seperti makan. Jika berada pada kondisi seperti ini, demi bertahan hidup, bisa saja kamu menghubungi lagi orang tua untuk mendapatkan uang saku tambahan. Hal ini akan merepotkan kembali orang tua kamu nantinya.
  5. Temukan Cara Belajar Yang Paling Ideal
    Ini juga merupakan kunci kesuksesan buat kamu di dunia kampus. setiap orang memang memiliki banyak cara belajar efektif yang berbeda beda. ada yang suka belajar di malam hari, ada juga yang suka belajar di malam hari bahkan di saat subuh subuh sebelum pagi. eksplorasilah terus cara belajar kamu, coba semua gaya belajar yang kamu tau, sampai kamu menemukan cara belajar yang paling baik buat kamu. jika sudah, gunakan terus gaya belajar itu, dan sukseslah menjadi mahasiswa.
  6. Ikuti kuliah dengan baik dan coba kenali karakteristik dosen
    Dengan mengenal karakteristik dan model dosen yang mengajar, kamu bisa menyesuaikan model dan strategi belajarmu. Ada banyak karakter dosen, mulai dari yang killer atau galak, dosen yang pelit nilai, dosen pemalas, dosen gaul,dsb. Nah jika kamu sudah tahu karakteristik dari dosenmu,insya Allah kamu akan cepat menyesuaikan diri dengan perkuliahan kampus.
  7. Manfaatkan teknologi untuk mencari informasi
    Menjadi mahasiswa dituntut untuk bisa mandiri. Terutama hal yang terkait dengan perkuliahan harus dilakukan sendiri. Hadirnya teknologi saat ini sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan informasi secara lebih mudah dan cepat. (*)
    *Reporter: Irsan Juliani