Rektor UNM, Husain Syam dan Wakil Rektor Bidang Akademik (WRI), Hasnawi Haris saat memantau pelaksanaan UTBK SBMPTN penyandang disabilitas di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNM. (Foto: Fadhil Aqilah).

PROFESI-UNM.COM – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 di Universitas Negeri Makassar (UNM) telah memasuki hari keempat, Kamis (15/4).

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN hari keempat ini diikuti oleh tujuh orang penyandang disabilitas tuna netra. Dalam ujiannya, setiap peserta disabilitas ini ditemani oleh satu orang pengawas yang juga bertugas sebagai pembimbing.

Pelaksanaan ujian sendiri berlangsung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Jurusan Manajemen.

Rektor UNM, Husain Syam mengatakan setiap tahunnya ada pendaftar dari kalangan disabilitas. Terlebih di UNM memiliki jurusan pendidikan luar biasa yang memang didalamnya biasa ada mahasiswa Disabilitas.

“Semua warga negara yang berkeinginan untuk mengeyam pendidikan tinggi tidak boleh dibedakan. Untuk yang berkebutuhan khusus kami berikan semaksimalnya,” katanya saat meninjau langsung pelaksanaan UTBK SBMPTN di Fakultas Ekonomi.

Didampingi oleh penanggungjawab UTBK-SBMPTN UNM Hasnawi Haris, Rektor UNM juga mengatakan, pelaksanaan UTBK SBMPTN untuk disabilitas berjalan sebagaimana mestinya.

Diketahui tahun ini pendaftar di UNM mengalami peningkatan cukup signifikan, tercatat sebanyak 2.500 pendaftar, Total pendaftar di UNM tahun ini sebanyak 15.868 pendaftar

UNM juga akan melaksanakan UTBK-SBMPTN sebanyak dua gelombang. Gelombang pertama digelar 12-18 April dan gelombang kedua 26 April-2 Mei 2021. (*)

*Reporter: Fadhil Aqilah