Sosialisasi Mitigasi Bencana, (Foto: ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian Masyarakat (PM) Pasca Bencana (PB) Kecamatan tapalang Universitas Negeri Makassar (UNM) 2021 menggelar sosialisasi “Mitigasi Bencana” di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tapalang, Mamuju, Sulawesi Barat.

Sosialisasi ini dimaksudkan untuk mengedukasi siswa-siswi terkait mitigasi bencana. Sekretaris kecamatan (Sekcam), Alya Farsya mengungkapkan bahwa latarbelakang diadakannya sosialisasi ini agar kiranya siswa-siswi memiliki pemahaman tentang mitigasi bencana.

“Tujuannya itu agar kiranya siswa siswi memiliki pemahaman tentang mitigasi bencana yang merupakan salah satu kebutuhan esensial guna mengurangi dampak bencana,” ungkapnya.

Lanjut, Nurhikmah Hamzah selaku peserta sosialisasi mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini, ia dapat memahami tentang bencana dari yang belum diketahui menjadi tahu. “Menurut saya, sosialisasi ini sangat membantu bagi kami (baca: siswa-siswi) yang masih awam tentang bencana dan sangat mempengaruhi hidup sih karena dari yang tidak tahu menjadi tahu,” ucapnya.

Alfaris Iskandar selaku pembawa materi Mitigasi Bencana ini mengungkapkan bahwa peserta sangat antusias mengikuti sosialisasi ini dilihat dari cara mereka (baca: siswa-siswi) dalam memperhatikan materi yang disampaikan.

“Saya lihat disini banyak antusias dilihat dari beberapa materi yang saya bawakan sebenarnya bersifat universal, tapi banyak yang mereka tidak tahu apa isi dan pemahaman mengenai bencana yg saya tanyakan tentang bagaimana cara penanggulangan bencananya mereka baru tahu dan tadi beberapa tips cara saya berikan prakteknya,” ungkap mahasiswa KKN-PMPB Mamuju ini.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Faris ini berharap agar siswa-siswi bisa lebih mengetahui tentang mitigasi bencana dan ketika terjadi bencana bisa lebih tenang dalam menghadapinya.

“Harapan saya itu bagaimana siswa-siswi bisa lebih tahu atau lebih paham akan mitigasi bencana dan meminimalisir adanya korban jiwa, jadi sebelum terjadi bencana mereka sudah siap kemudian juga saya berikan pemahaman agar ketika terjadi bencana mereka tidak panik, sehingga mereka siswa-siswi bisa siap akan menghadapi bencana,” harapnya.

Adapun pada sosialisasi “Mitigasi Bencana” ini diikuti oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Tapalang dan SMK Negeri 1 Tapalang. (*)

*Reporter: Murni