KKN Reguler UNM Kecamatan Liliriaja Membersihkan Makam. Foto-Ist
KKN Reguler UNM Kecamatan Liliriaja Membersihkan Makam. Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Angkatan XLIV Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng gelar pembersihan kuburan. Kegiatan bersih bersih kuburan ini dilaksanakan di Pekuburan Islam Lappude dan Pekuburan Jera Teppoe, Sabtu (10/4).

Koordinator Kecamatan, Akbar mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam menyambut bulan suci ramadan. “Kan tradisi masyarakat sebelum memasuki bulan ramadan yaitu ziarah kubur, jadi alangkah baiknya kalau kita membersihkan kuburan dan mengajak warga sekitar,” katanya.

Mahasiswa program studi Sosiologi ini menambahkan, kegiatan bersih makam ini sebagai program kerja utama dari posko liliriaja.
“Kegiatan ini memang dipersiapkan sebagai program kerja yang paling diprioritaskan karena ziarah kubur tak hanya dilakukan sebelum bulan ramadan, ziarah kubur pun dilakukan setelah lenaran idul fitri nanti,” tuturnya.

Ketua RW lingkungan Libukang Kelurahan Appanang Kecamatan Liliriaja A.Zainuddin mengatakan, kegiatan ini sangat membantu warga sekitar. “Saya sangat mengapresiasi dari kegiatan ananda sekalian, Ia pun menyarankan kegiatan ini untuk menjadi kegiatan mingguan,” katanya.

Ia melanjutkan, kegiatan seperti ini dapat memupuk semangat kerjasama, gotong royong dan menjalin hubungan silaturahmi antar masyarakat dengan mahasiswa KKN. “Kerja bakti memberishkan kuburan dapat menjaga hubungan baik antar warga dan meningkatkan semangat gotong royong.

Para peziarah yang datang juga nantinya dapat melakukan ziarah dengan nyaman dan memanjatkan doa. (*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A