Webinar Mahasiswa BK 2018 tentang Fenomena Pernikahan Anak Selama Pandemi. (Foto: Annisa Puteri Iriani-Profesi)
Webinar Mahasiswa BK 2018 tentang Fenomena Pernikahan Anak Selama Pandemi. (Foto: Annisa Puteri Iriani-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Webinar lewat Zoom Meeting dengan tema “Virus Pernikahan Anak di Tengah Pandemi Covid 19”, Sabtu (10/4).

Webinar kali ini diadakan sebagai pemenuhan tugas matakuliah BK Keluarga yang diampuh oleh Farida Aryani. Ketua Panitia, St. Hawang Ulfah Kadir menjelaskan bahwa fenomena pernikahan anak semakin meningkat seiring dengan pandemi Covid 19 yang tak kunjung usai.

“Selama belajar daring banyak peserta didik yang memutuskan untuk menikah, hal ini disebabkan karena peserta didik terlalu lama dirumah dan juga kesepian menjadi faktor penyebab siswa untuk menikah muda”

Webinar yang membahas materi pengertian dan dampak pernikahan dini terhadap masa depan pada anak itu menghadirkan dua pemateri yakni Dosen prodi BK, Suciani Latif dan Sinta Nurul Oktaviani.

Lanjut, Ulfah sapaannya, turut menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan peserta didik, orang tua terlebih guru BK, tentang bagaimana pengaruh pernikahan anak, terhadap aspek kehidupan maupun bermasyarakat, dan juga dapat menjadi bahan acuan bagi guru BK untuk melakukan langkah preventif dalam mencegah pernikahan anak.

“Kami dari kelas A BK 2018 berharap dengan adanya webinar ini para orangtua juga anak terlebih guru BK bisa sadar dan memiliki pemahaman tentang dampak pernikahan anak,” harapnya.

*Reporter: Annisa Puteri Iriani