Buku "Modul Statistika 2 (Struktural Equation Modeling (SEM)" oleh Prof. Romansyah Sahabuddin, SE.,M.SI dan La Halisu, SE.,M.SI. (Foto: Fahmi Wardani-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Secara Produsal dalam tahapan Analisis data akan mengacu pada beberapa hal yaitu perolehan infromasi yang mudah dipahami, melalui proses pengumpulan data atau catatan dari suatu objek penelitian atau unit penclitian.

Instrument penelitian dalam pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai metode atau cara sesuai dengan tujuannya, antara lain: wawancara, observasi pengamatan), kuesioner atau angket dan dokumenter.

Berikut beberapa tahapan dalam melakukan teknik analisis data sebegai berikut:

A. Observasi
Observasi atau pengamatan merupakan metode pengumpulan data melalui
pengamatan langsung dan mencatat data-data berkaitan dengan konsidi objek penelitian tanpa melibatkan responden scbagai sumber data dan merupakan teknik paling mendasar dalam teknik penilaian non testing atau tanpa menggunakan alat
standar.

Hasil observasi dapat membantu peneliti dalam menentukan hasil hipotesis tentative dari fenomena yang diamati. Berbeda dengan kegiatan survei yang mana pengumpulan data melibatkan responden atau sumber data melalui alat standar berupa kuesioner atau pedoman wawancara yang telah dipersiapkan dan telah direncanakan secara sistematik serta dapat dicek dan di kontrol tingkat validitas dan reabilitasnya.

B. Wawancara
Wawancara merupakan suatu teknik pengumpulan data dengan mengadakan komunikasi atau dialog secara langsung dengan informan berkaitan dengan tujuan penehttan dan sumber data yang dibutuhkan, Teknik wawancara diperlukan sebagai alat bantu untuk mengkroscek dan melengkapi item-item pertanyaan pada kuesioner yang dianggap belum terwakili untuk menielaskan objek yang dikaji. Adapun tujuan lain menggunakan teknik wawancara, antara lain adalah:

  1. Menciptakan hubungan baik diantara dua pihak dalam kondisi yang bebas dari segala kecemasan dan ketakutan sehingga memungkinkan subyek wawancara menyatakan sikap dan perasaan dengan bebas.
  2. Dapat memperoleh data yang lebih lengkap selain data-data yang diterdapat pada kuesioner

C. kuesioner
Kuesioner atau angket merupakan instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data langsung pada sumber data. Adapun jenis-jenis pertanyaan yang dapat digunakan dalam kuesioner, antara lain adalah:

Pertanyaan Terbuka :
pertanyaan-pertanyaan yang memberi pilihan-pilihan respons terbuka kepada responden.

Pertanyaan Tertutup : pertanyaan-pertanyaan yang membatasi atau menutup pilihan-pilihan respons yang tersedia bagi responden.

Secara substantif proses yang dilakukan dalam tahap analisis data, antara lain adalah: membandingkan dan menguji teori atau konsep dengan informasi yang ditemukan. Selanjutnya mencari dan menemukan konsep baru untuk memperoleh suatu jawaban atau penjelasan apakah konsep baru tersebut berlaku secara umum atau merupakan sesuatu yang baru terjadi akibat prakondisi atau variabel antara (intervening/mediator atau moderator).

D. Prinsip Umum Analisis Data
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menganalisis data, yaitu:

  1. Variabel utama apa saja yang akan dianalisis
  2. Bagaimana langkah analisis yang akan dilakukan (Univariat, Bivariat, Multivariat)
  3. Pemilihan teknik statistika berdasarkan skala data variabel yang cocok
  4. Perhatikan sifat data, berdistribusi normal apa tidak

Tulisan ini di lansir dari buku yang judul “Modul Statistika 2 (Struktural Equation Modeling (SEM)” yang ditulis oleh Prof. Romansyah Sahabuddin, SE.,M.SI dan La Halisu, SE.,M.SI. (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah