WR III saat memberikan materi kepada Sekolah Kepemimpinan HMI. Foto-Ist
WR III saat memberikan materi kepada Sekolah Kepemimpinan HMI. Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Komisariat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (FIP UNM) mengadakan Sekolah Kepemimpinan bertajuk “Indonesia Emas: Reality or Utopia, yang berlangsung dari tanggal 2 – 4 April 2021, bertempat di BP-PAUD & DIKMAS Sulawesi Selatan, Jl. Adiyaksa Makassar.

Pemateri dalam kegiatan tersebut yaitu Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM (WR III), Sukardi Weda. Ketua LLDIKTI Wilayah IX, Jasruddin. Al Hidayat Samsu Niang, Rijal Djamal, dan lain-lain.

Kegiatan Sekolah Kepemimpinan diikuti sekitar 40 orang, yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di Makassar.

Sukardi Weda membawakan materi berjudul Peran dan Kepemimpinan Generasi Z di Era Bonus Demografi. Sukardi Weda menegaskan bahwa era bonus demografi saat ini dan puncaknya pada 2030 akan diisi oleh generasi Z (Z generation) atau generadi post millenial saat ini.

“Sebagai calon pemimpin masa depan bangsa ini, maka persiapkanlah diri Anda,” ujarnya.

Sukardi Weda juga menambahkan bahwa sebagai mahasiswa maka belajar adalah kewajiban, tetapi sebagai alumni Perguruan Tinggi nantinya, tidak hanya dituntut pintar secara kognitif, tetapi juga diperlukan kemampuan memimpin, mampu menyelesaikan masalah (problem solver), membangun tim.

“Memiliki kemampuan organisasi dan manajemen yang kesemuanya diperoleh dalam organisasi, baik organisasi intra maupun ekstra kampus,” pungkasnya. (*)

*Reporter: Fikri Rahmat Utama