Buku Algoritma dan Pemrograman. Foto-Ist
Buku Algoritma dan Pemrograman. Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Algoritma dan pemrograman adalah sesuatu yang berbeda. Kendati demikian, menggambarkan kerap kali sama. Belajar algoritma komputer akan membuat Anda mampu melihat definisi, dan perbedaan kedua istilah tersebut. Anda juga akan melihat bahasa pemrograman. 

Mengenai asal- usul dari kata algoritma itu sendiri bukan merupakan sesuatu yang penting dalam pembahasan di dunia pemrograman. Setiap langkah dalam program algoritma ini haruslah logis dan jelas. Yang dimaksud dengan jelas adalah memiliki nilai benar atau salah dan tidak memiliki nilai di tengah-tengah. Alogoritma juga erat memperhatikannya dengan langkah demi langkah dalam melakukan pekerjaan. Anda akan melihat proses dari sebuah hasil kerja.

Algoritma pemrograman tidak selalu identik dengan angka. Ada 3 pertimbangan dalam pemilihan algoritma. Ke-3 pertimbangan tersebut adalah benar, baik, dan efisien. Benar berarti keluaran dari algoritma tersebut tidak salah. Sebaik apapun algoritmanya, jika salah, maka menjadi percuma.

Baik maksudnya sebaik apapun hasil dari algoritma tersebut dengan indikator kedekatan antara hasil dengan nilai yang nyata . Sebuah algoritma program haruslah efisien dari segi waktu dan memori. Jangan sampai algoritma tersebut menghabiskan waktu dan menghabiskan waktu di tempat. Sekarang, apa bedanya algoritma dengan program? Program itu adalah kumpulan pernyataan komputer .

Sementara metode tahapan yang sistematis dalam program adalah algoritma. Dengan kata lain, sebuah program adalah implementasi dari bahasa pemrograman. Program itu dapat dimaknai sebagai algoritma ditambah bahasa atau struktur data. Sebuah program yang baik, memiliki struktur data yang naik pula. Malah, struktur data yang buruk dengan algoritma yang baik tetap tidak akan membuat sebuah program menjadi baik.

Algoritma komputer harus efisien dimana prosesnya dapat melestarikan kemungkinan besar dengan frekeusi perhitungan yang sependek mungkin. Dengan kata lain, tidak boros sumber daya. Algoritma yang baik harus dengan mudah diimplementasikan ke perangkat komputer.

Program algoritma yang baik harus mudah diterapkan. Hal ini tidak diskriminatif, tidak dapat mengatur dengan mudah memahami algoritma tersebut. Dampak dari susahnya sebuah organisasi, sebuah algoritma adalah kesulitan pengelolaan.Akurasi tinggi adalah syarat lain dari program algoritma yang baik. Mana bisa menjadi algoritma yang digunakan secara profesional jika tidak akurat.Semakin umum maka semakin baik. 

Algoritma yang baik adalah algoritma yang berlaku umum dan tidak terbatas pada 1 bidang spesifik. Jika bisa sampai masalah umum, maka algoritma tersebut mampu menyelesaikan masalah dan bidang yang bermanfaat. Algoritma dan pemrograman yang baik memiliki langkah-langkah yang jelas dan detail. Setiap proses tepat dan lengkap dimana tidak tanggung, penuh kejelasan, dan penuh kepastian.

Tulisan ini dikutip dari Buku dengan Judul Algoritma dan Pemrograman karya Rinaldi Munir pada halaman 16-17 terbitan PT. RajaGrafindo Persada, Depok pada tahun 2020. (*)

*Reporter: Murni