Peserta Kemah Lontara PBSD. Foto-Ist
Peserta Kemah Lontara PBSD. Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa (HMPS) Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBSD) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) Gelar Kemah Lontara. Kegiatan ini berlangsung di Pantai Galumbaya Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar, Jumat hingga Minggu (2-4/4).

Ketua Panitia Kemlon Muhammad Gusri mengatakan Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga silaturahmi masyarakat PBSD terutama untuk mahasiswa baru agar lebih mudah mengenal dan beradaptasi dalam ruang lingkup PBSD.

“Tujuan diadakan kemlon tentunya untuk mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa baru dengan seniornya sehingga mahasiswa baru ini dapat beradaptasi dan menegenal prodinya lebih mendalam,” katanya.

Lanjut mahasiswa angkatan 18 ini mengatakan pada situasi Covid-19 tidak banyak yang bisa diberikan pengurus kepada mahasiswa baru oleh karena itu kemlon diharapkan bisa menjadi tempat pembelajaran kepada mahasiswa untuk mengenal lebih jauh tentang PBSD.

“Kita tahu di masa pandemi sekarang kurang sekali yang mereka dapat dari kita mungkin dengan diadakannya kemlon ini semoga mahasiswa baru dapat lebih mengenal lagi prodinya,” ujarnya.

Terakhir Ia mengatakan pada kegiatan kemlon ada beberapa materi dasar dan pengenalan lontarak serta penguatan budaya yang harus dimiliki oleh masyarakat Bugis-Makassar.

“Materi-materi yang diberikan kepada mahasiswa baru yaitu metode persidangan, kemahasiswaan, kepemimpinan, KBI, retorika, retorika, sejarah HMPS PBSD, sejarah lontara sama prinsip bugis Makassar,” ucapnya. (*)

*Reporter: Nuraisna Ramadani