Plafon Gedung Sains Square FMIPA UNM yang mengalami kerusakan. Foto-Ist
Plafon Gedung Sains Square FMIPA UNM yang mengalami kerusakan. Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Hujan badai melanda kota Makassar sejak hari Kamis, 1 April 2021. Dampaknya genangan air beserta pohon tumbang tak terhindarkan di sejumlah titik. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan yang disertai angin kencang selama tiga hari (01 – 03 April 2021) di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan.

Kelurahan Parang Tambung Makassar merupakan kawasan yang terkena dampak dari cuaca ekstrem yang disertai angin kencang sejak subuh tadi, Jumat (2/4). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNM serta Laboratorium Kebun Percobaan Biologi (LKPB) Biologi UNM yang berada di kawasan itu juga terdampak cuaca ekstrem pagi tadi yang mengakibatkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan.

Ari Baba Felani Annur, Pres BEM FMIPA UNM mengatakan kasihan dengan gedung belum diresmikan sudah rusak yang terjadi akibat angin kencang.

“Perlu ada tindakan perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi akibat bencana alam atau yang lainnya. Peresmian tidak boleh dilaksanakan ketika pembangunan gedung belum sesuai perencanaan,” ungkapnya.

Nur Sakinah Kamal, Menteri Pendidikan dan Pelatihan BEM FMIPA UNM mengatakan Gedung Sains Square bangunan lama yang belum jadi. Jadi ketika musim hujan melanda akan terjadi kerobohan.

“Kalau saya kupikir mungkin karena ini bangunan lama, karena tidak di perbaharui jadi saat angin kencang semalam langsung roboh,” tuturnya.

Mahasiswa Jurusan Matematika itu juga berharap gedung SS segera diresmikan.

“Kalau saya berharapnya ini Sains Square cepat diresmikan karena banyak kegiatan yang butuh gedung dan mungkin birokrasi bisa segera ambil tindakan supaya kalau memang diundur peresmiannya tidak keluar dari bulan April,” tutupnya.

Adapun kerusakan yang diakibatkan seperti tumbangnya pohon di dekat gerbang belakang Fakultas MIPA, plafon Gedung ICP FMIPA lantai satu rusak, dan materialnya berserakan di sekitar gedung ICP FMIPA UNM tersebut. (*)

*Reporter : Murni