PROFESI-UNM.COM – Ketika kecil, kita semua mengembangkan alasan masing-masing untuk menampik apa yang sebenarnya ingin kita lakukan atau untuk tidak mengekspresikan ide yang belum pernah didengar orang lain.

Tulisan tangan kita bukan sekadar rangkaian kata yang disambung-sambungkan sebagai cara berkomunikasi. Tulisan tangan merupakan sikap kita terhadap kehidupan, sebuah jalan berliku menuju tempat tersembunyi dalam diri kita, sebuah diagram dari alam bawah sadar kita.

Singkatnya, cara kita menulis adalah indikator apa yang dirasakan tentang diri kita. Semua itu merupakan ukuran dari rasa percaya diri kita, harga diri kita, dan kemampuan kita mengandalkan diri.

Citra diri merupakan lensa yang kita gunakan untuk melihat kehidupan, dan pola-pola tulisan tangan mencerminkan komponen-komponen penyembuh dalam lensa itu.

Walaupun tangan, gigi atau jari kaki yang memegang pena, tapi otaklah yang memberikan perintah. Ketika kita menulis, setiap gerakan pena bukan hanya mencerminkan sikap diri.

Secara esensial, tulisan tangan merupakan representasi grafik dari interpretasi kita terhadap kehidupan, mengindikasikan apa yang dirasakan terhadap diri kita dan bagaimana perasaan memengaruhi pandangan kita terhadap semua yang ada di sekeliling kita.

Karena setiap guratan pena meneguhkan kembali sebuah kebiasaan berpikir, dan setiap kebiasaan berpikir membentuk citra diri kita, dan citra diri ini merupakan lensa yang kita pakai untuk memandang kehidupan.

Graphology, disebut dengan analisa tulisan tangan, merupakan ilmu yang mengorelasikan pola-pola tulisan tangan dengan kepribadian seseorang. Para graphologist profesional sudah terlatih menginterpretasikan pola-pola tulisan tangan dan hubungannya dengan kepribadian.

Adapun graphotherapy adalah ilmu tentang tingkah laku yang mengundang si penulis untuk menulis dan mengubah aspek-aspek kepribadian yang merugikan diri sendiri dengan cara mengubah guratan-guratan spesifik dalam tulisan tangan.

Mempelajari cara menulis yang sehat juga membutuhkan hal yang sama, hasilnya juga memukau, walaupun mungkin hanya dibutuhkan beberapa bulan dan bukannya tahunan untuk membuat cara menulis itu sebagai bagian dari jiwa Anda dan mengalir otomatis.

Tulisan ini dikutip dari buku yang berjudul “Mengubah Kepribadian Melalui Tulisan Tangan, Menggali Karakter Tersembunyi dalam Diri untuk Meningkatkan Potensi” yang ditulis oleh Vimala Rodgers dan diterbitkan oleh Hikmah (PT Mizan Publika) Anggota IKAPI Jakarta Selatan.(*)

*Reporter: Nur Azisa