PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng Universitas Negeri Makassar (UNM) angkatan XLIV melaksanakan seminar Program Kerja (Proker). Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Desa Ganra, Jumat (2/4).

Koordinator Kecamatan (Korcam), Hamdar Tamrin mengatakan, beberapa proker akan dilaksanakan selama dua bulan kedepan. Hamdar menegaskan, ada satu proker yang paling diprioritaskan, yaitu mengajak anak-anak untuk belajar di Perpustakaan Darul Ilmi Desa Ganra (Mappacca). Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat membantu siswa sekolah yang belum tahu membaca dan mengusahakan agar siswa sudah lancar membaca maupun menggambar.

“Karena sekarang pandemi, jadi anak-anak terutama anak Sekolah Dasar (SD) susah jika hanya online saja tidak dapat pelajaran tatap muka. Kami mau memabntu anak-anak agar kompetensi membacanya bisa lancar,” katanya.

Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara ini menjelaskan beberapa proker yang akan dijalankan yaitu, pembuatan nama lorong Dusun Bakke, Pengecatan ulang batasa dusun dan desa, bekerjasama dengan Desa Ganra, Pengadaan visi misi kantor desa, pembenahan daftar hadir kantor desa dan pengecatan ulang zebra cross di depan tiga sekolah, diantaranya yaitu SMP Pergis Ganra, SDN 78 Bakke dan SDN 77 Ganra.

“Saya berharap agar dalam pelaksanaan proker nanti mahasiswa dapat menjalin sinergitas dengan masyarakat,” katanya.

Kepala Desa Ganra, Andi Wahyu Gunawan juga menyarankan tambahan proker untuk membantu menginput data penduduk Desa Ganra. Ia pun mendukung semua proker yang disusun oleh mahasiswa. “Sedikit tamabahan untuk mahasiswa agar membantu aparat desa dalam menginput data penduduk” katanya saat memberikan sambutan.

Pemaparan Proker tersebut dihahadiri oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Babinsa, Masyarakat, Ketua RT, Ketua RW, Mahasiswa KKN Lamappapoleonro, Koordinator Kabupaten KKN UNM dan mahasiswa KKN Puangrimagalattung. (*).

*Reporter: Annisa Asy Syam. A