PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa kura-kura merupakan singkatan dari mahasiswa kuliah rapat-kuliah rapat. Biasanya merekalah mahasiswa aktif dan minimal mengikuti satu organisasi.

Menjadi mahasiswa kura-kura tentu tidak mudah, harus lebih mengorbankan banyak hal, bahkan jam kuliah sendiri. Kalau kamu sendiri sudah siap jadi mahasiswa kura-kura?

Dilansir dari campuspedia.id berikut persiapkan sebelum jadi mahasiswa kura-kura:

  1. Time management yang baik
    Menjadi mahasiswa yang padat dengan rapat ataupun organisasi, mewajibkan kamu banget untuk mempunyai time management baik. Walau banyak kesibukan, kamu harus bisa menyeimbangi antara perkuliahan, kepanitiaan, ataupun organisasi.

Jangan sampai karena kesibukan, kamu malah sering bolos kelas atau banyak tugas terbengkalai.

  1. Waktu belajar yang berkurang
    Bila kamu sudah memutuskan untuk banyak ikut ini dan itu, mutlak bahwa kamu akan kehilangan waktu untuk belajar.

Jadi kamu harus mendorong diri kamu untuk lebih serius saat perkuliahan, ataupun kamu berusaha belajar di waktu istirahat.

  1. Mental yang kuat
    Menjalani kepanitiaan atau organisasi tidak melulu memunculkan kesan yang menyenangkan. Banyak hal yang akan kamu lewati termasuk kendala dan masalah.

Kemampuan problem solving mu akan diuji. Bagaimana kamu menghadapi dan menyelesaikan masalah yang mungkin saja menguras tenaga dan juga pikiranmu.

  1. Beban tugas yang bertambah
    Tugas kuliah sudah banyak, ditambah tugas kepanitiaan dan organisasi. Waduh, tentu kamu harus ekstra mengeluarkan seluruh kemampuan agar semua tugas bisa terselesaikan tanpa lewat deadline ya.

Ingat juga untuk selalu menjaga stamina dan kesehatan. Jangan terlarut-larut dengan tugas sampai akhirnya kamu tumbang.

  1. Siap berproses
    Organisasi dan kepanitiaan adalah salah satu wadah untuk kamu mengembangkan diri. Jadi, disini kamu harus siap mengikuti seluruh kaderisasi agar kepemimpinan mu terus terlatih dan seiring berjalannya waktu, softskills mu nantinya juga akan makin terasah.

Sehingga, kamu punya nilai plus karena bisa mengikuti perkuliahan dan juga organisasi secara bersamaan. (*)

*Reporter: Khuznul Khotimah