Sosialisasi tata laksana pengawasan UTBK SBMPTN 2021 di Balroom Teater Menara Pinisi, Kamis (1/4). (Foto: Fadhil Aqilah-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Jelang pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Universitas Negeri Makassar (UNM) lakukan sosialisasi tata laksana pengawasan UTBK SBMPTN 2021 di Balroom Teater Menara Pinisi, Kamis (1/4).

Kegiatan dihadiri langsung para Wakli Rektor UNM, dekan, wakil dekan, dan seluruh pengawas yang ditugaskan untuk memantau jalannya UTBK SBMPTN 2021 di UNM nantinya.

Sebagai salah satu pusat pelaksanaan UTBK SBMPTN, UNM akan menerapkan protokol kesehatan sebagai syarat pelaksanaan UTBK di tengah pandemi Covid-19. Nantinya, para pengawas turut mengawasi protokol kesehatan yang akan diterapkan seperti di tahun sebelumnya.

Dalam sambutannya, Rektor UNM, Husain Syam, mengungkapkan kegembiraannya berkat jumlah peminat yang memilih UNM mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Tercatat hampir 16.000 calon mahasiswa baru yang memilih UNM sebagai tujuan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi melalui jalur UTBK SBMPTN tahun ini.

“Peningkatan ini menjadi penanda UNM sebenarnya semakin terpercaya di masyarakat, sebagai bukti sekian pelaksana masuk perguruan tinggi, UNM masuk di urutan 27 dari segi peminat, artinya UNM ini dipercaya masayarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Husain berharap dan menekankan para pengawas mengikuti jalannya sosialisasi dengan baik sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam pelaksanaan UTBK SBMPTN.

“Ini merupakan bagian dari tugas negara, tugas yang bukan baru bagi kita, rutinitas tahunan, cuman yang menjadi penekanan kunci ialah kita terhindar dari titik kesalahan,” tegasnya. (*)

*Reporter: Fadhil Aqilah