Live streaming YouTube Kemendikbud RI, Selasa (30/3) (Foto: ist)

PROFESI-UNM.COM – Menteri dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama dan Menteri Kesehatan menghasilkan keputusan bersama mengenai panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Pengumuman melalui live streaming YouTube Kemendikbud RI, Selasa (30/3).

Menteri dalam Negeri, M. Tito Karnavian, mengatakan masa pandemi sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Kebijakan pemerintah mengharuskan pembelajaran daring untuk memutuskan mata rantai penularan Covid-19.

“Kita menyadari pandemi Covid-19 memiliki dampak sangat luas. Interaksi langsung dapat mempengaruhi penularan Covid-19, makanya pada tahun lalu diadakan pembelajaran daring,” katanya.

Lanjut, Tito Karnavian mengungkapkan situasi sekarang sudah mulai stabil. Tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 mulai bertambah banyak. “Tingkat kesembuhan pasien positif semakin meningkat,” ungkapnya.

Terakhir, Ia menegaskan, pembelajaran online masih belum menjadi solusi sepenuhnya di dunia pendidikan. Terdapat pelajaran yang membutuhkan interaksi langsung. Oleh karena itu, (23-5/4) akan dilaksanakan pembelajaran langsung sesuai kebijakan sekolah di daerah masing-masing.

” Tanggal 23 sampai 5 april akan dicoba membuka ruang pembelajaran tatap muka, tapi dilakukan secara bertahap dengan protokol kesehatan yang ketat. Bahkan bila perlu proses vaksinasi dilalui,” tegasnya.(*)

*Reporter: Nuraisna Ramadani