Penyambutan mahasiswa KKN Pasca Bencana UNM di Sulbar. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Penerimaan dan penyambutan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pasca Bencana Sulawesi Barat (Sulbar) sebanyak 90 orang, Selasa (23/3). Mahasiswa disambut langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadis) Sulbar sekaligus eks Wakil Rektor Bidang Kerjasama (WR IV) Universitas Negeri Makassar (UNM), Gufran Darma Dirawan.

Mahasiswa akan ditempatkan di 2 kabupaten, Majene dan Mamuju. Kabupaten Majene akan dibagi menjadi dua kecamatan, yakni Kecamatan Malunda dan Kecamatan Ulumanda.

Dua kecamatan tersebut merupakan daerah yang paling terdampak bencana 15 januari lalu.

Koordinator Kabupaten Program KKN Pasca Bencana Sulbar, Ashar Agustiawan, menjelaskan, program kerja yang akan dijalankan diinstruksikan langsung oleh Kadis Pendidikan Sulbar.

“Menurut pak Kadis, proses trauma healing sangat tepat untuk kedepannya karena saat ini masyarakat masih sangat dihantui dengan bencana itu, goyang sedikit lompat keluar rumah,” jelasnya.

Selain trauma healing, bentuk program lainnya yaitu perbaikan data Dapodik Sekolah, pendataan anak putus sekolah berdasarkan usia serta membantu Dinas Pendidikan Sulbar dalam pembenahan LMS (Learning Management System). (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani