Buku saku bantuan kuota data internet 2021 dari Kemdikbud. Foto-Int.

PROFESI-UNM.COM – Paket kuota belajar gratis dari Kemdikbud diklaim tidak dapat digunakan termasuk kuota umum yang diperuntukkan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kemenkominfo, Kamis (11/3).

Hal ini dirasakan oleh mahasiswa yang masuk kategori penerima kuota internet gratis sebesar 15 GB. Belum ada informasi terkait tentang penyebab paket data tersebut tidak dapat dipergunakan terutama dalam mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

Auliyah, salah satu mahasiswa Fakultas Teknik (FT) UNM mengaku bahwa kuota yang Ia dapatkan memang tidak dapat digunakan sebagaimana biasanya.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tersebut juga mengatakan bahwa bantuan kuota ini hanya akan sia-sia karena tetap menggunakan paket kuota pribadi saat Ia mengakses media untuk kuliah daring termasuk mengakses laman dan aplikasi untuk dijadikan sebagai referensi maupun sumber belajar.

“Saya dapat 15 GB tapi ndak bisa terpakai. Ndak tau kenapa begitu. Menurutku tidak adaji gunanya, karena pada akhirnya tetap pake kuota sendiri. Sebaiknya jangan cuma kuota belajar atau aplikasi tertentu saja karena tidak hanya satu aplikasi atau situs yang diakses untuk referensi belajar”, jelasnya.

Hal yang sama dirasakan mahasiswi dari fakultas yang sama, Mairah (disamarkan) juga telah mendapatkan kuota internet belajar yang tidak bisa terpakai pula. “Saya juga dapat kuota, tapi tidak bisa dipakai mengakses”, tutur mahasiswi angkatan 2018 tersebut.(*)

*Reporter: Nur Azisa/Editor: Annisa Puteri Iriani