Pembukaan Kontur For Geo Geografi UNM,. Foto: ist

PROFESI-UNM.COM – Komunitas Pecinta Tatanan Hidup Terstruktur (KONTUR) Geografi Universitas Negeri Makassar (UNM) Resmi Gelar Kontur For Geo (KFG). Kegiatan KFG tersebut akan diadakan selama dua hari yaitu pada tanggal 11-12 Maret digelar di Jurusan Geografi UNM, Rabu (11/3).

Kontur For Geo tersebut mengusung tema “Melalui SIG, Menerobos Keterbatasan Dalam Memetakan Fenomena Geosfer” yang memiliki arti dengan SIG (Sistem Informasi Geografi) mahasiwa dapat memetakan segala hal yang ada di permukaan bumi.

KFG merupakan event tahunan yang di adakan oleh Kontur berupa pelatihan untuk mahasiwa Geografi. Pelatihan yang diberikan berupa pemahaman dan cara penggunaan alat-alat yang digunakan untuk mengolah data dari hasil survei lapangan yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa Geografi.

Henri Jaya, penanggung jawab pada kegiatan tersebut menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk pengabdian Kontur terhadap Jurusan Geografi untuk memberikan pemahaman mengenai SIG yang dapat digunakan untuk memetakan segala hal yang ada di permukaan bumi.

“Untuk teman teman yg masih belum paham tentang apa itu data lapangan dan cara pengelolaan data tersebut,” ucapnya.

Rangkaian kegiatan KFG itu terdiri dari Pemberian materi, Pengambilan data, Pengolahan data dan Hasil yang berupa peta. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 yang dimana pelatihan yang diberikan ini membantu mereka dalam mengerjakan tugasnya.

“Kegiatan ini diikuti oleh adik-adik dari angkatan 2020 dan angkatan 2019 yg sudah banyak tugas yang bersangkutan dengan peta namun mereka masih belum mengerti apa itu peta dan cara cara membuat peta tersebut,” ungkap Henri.

Mahasiswa asal Takalar itu juga berharap para peserta yang mengikuti pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa sehingga dapat menerapkannya dalam kegiatan perkuliahan.

“Semoga kegiatan ini bisa menambah wawasan serta skill dari peserta dan juga peserta diharapkan mampu memahami seluruh seluruh materi yg di terima dan dapat mengaplikasikan dalam ruang lingkup perkuliahan,” harapnya.(*)

*Reporter: Mustika Fitri/ Editor: Fitria Indah Saraswati