Ilustrasi Kuliah Online-(foto-ist)
Ilustrasi Kuliah Online-(foto-ist)

PROFESI-UNM.COM – Kuliah daring menjadi solusi alternatif agar kegiatan pembelajaran tetap berlangsung di masa pandemi COVID-19 ini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) bahkan telah menyampaikan agar metode pembelajaran pada tahun akademik 2020/2021 mendatang tetap dilaksanakan secara daring.

Belajar dari pengalaman ternyata masih banyak dari kalangan mahasiswa yang kesulitan mengatur waktu selama kuliah daring. Kewajiban untuk membagi waktu antara kuliah, tugas tambahan, dan pekerjaan rumah menjadi tantangan tersendiri selama kuliah di rumah saja.

Entah disadari atau tidak, banyak mahasiswa yang menghabiskan waktu dengan sekadar bermain gadget atau menikmati media hiburan sehingga tugas kuliah jadi menumpuk. Padahal mahasiswa di masa pandemi harus lebih cermat lagi dalam memanajemen waktu agar tidak terbuang sia-sia.

Dikutip dari Rakyatmerdekanews.com, tugas kuliah yang menumpuk dan berkelanjutan harus dapat diselesaikan dengan baik agar pembelajaran tetap berjalan produktif dalam masa pandemi ini. Oleh karena itu perlu adanya manajemen waktu yang baik. Hal ini dapat dimulai dengan melakukan beberapa hal, seperti membuat rencana atau agenda kegiatan, memprioritaskan kegiatan yang utama, menjaga kondisi fisik agar tetap bugar, mengatur pola makan yang sehat, dan tentunya beribadah.

Beberapa tips lainnya juga dikutip dari Sevina.com agar waktu kita dapat lebih bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia. Kadang kala kegiatan di rumah juga cukup menyita waktu selama kuliah daring. Untuk itu, penting untuk menjadwal ulang kegiatan ketika di rumah dan menyesuaikan dengan jadwal kuliah daring yang seringkali berubah-ubah. Ketika ada waktu luang, gunakan untuk hal bermanfaat atau mempersiapkan diri untuk jadwal-jadwal berikutnya.

Tidak perlu berpikir bahwa waktu luang mutlak selamanya harus diisi dengan rutinitas penting yang membosankan. Sekali-kali, isilah waktu luang dengan hal yang menyenangkan seperti mencoba hal-hal baru, menggali pengetahuan baru, atau mengekspresikan minat dan bakat. (*)

*Repoter: Murni