Vektor Ide Bisnis. (Foto: Irsan Juliani)

PROFESI-UNM.COM – Bisnis tidak asing lagi ditelinga kita, sebagai mahasiswa kita dituntut kreatif dan mampu berinovasi. Hal ini agar kita bisa mandiri dan tidak hanya mengandalkan kiriman dari orang tua. Banyak mahasiswa yang ingin berbisnis, namun, jarang atau bahkan sulit untuk menemukan ide bisnis mengingat berbisnis sambil kuliah rasanya agak berat.

Dikutip dari reddoorz.com ada 7 peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa dengan modal yang kecil, bahkan ada tanpa modal awal:

  1. Jasa Les Privat
    Jasa les privat bisa dilakukan bagi mahasiswa jurusan apa saja yang tertarik mengajar dan memiliki pengetahuan dalam hal pendidikan sesuai kurikulum di sekolah. Mahasiswa jurusan Pendidikan akan lebih cocok jika membuka jasa les private ini, sekaligus untuk menerapkan apa yang dipelajari.

    Membuka jasa les untuk anak sekolah bisa dibilang tidak membutuhkan modal uang karena pekerjaan ini berupa jasa. Kegiatan les privat sendiri dapat dilakukan di rumah siswa, sehingga tidak membutuhkan tempat khusus. Bagi mahasiswa yang ingin membuka jasa les privat, maka perlu untuk mempersiapkan beberapa hal seperti alat komunikasi dan transportasi.

    Materi pelajaran sesuai kurikulum juga perlu dikuasai sebelum memberikan pengajaran. Promosi untuk usaha les privat bisa dilakukan secara online melalui media sosial, bisa juga melalui selebaran dan dari mulut ke mulut.
  2. Jasa Penerjemah
    Di era global seperti saat ini jasa penerjemah masih dibutuhkan untuk menjembatani informasi dari berbagai negara. Bagi yang memiliki kemampuan dalam bahasa asing, maka jasa penerjemah bisa dijadikan sebagai usaha sampingan.

    Bahasa asing yang dibutuhkan saat ini bukan hanya Bahasa Inggris saja, bahasa asing lainnya, juga banyak diperlukan penerjemahnya, seperti Bahasa Korea, China, atau Jepang. Jasa penerjemah bisa dilakukan untuk artikel atau buku, juga untuk subtitle video.

    Membuka jasa penerjemah bisa dilakukan secara mandiri atau bekerja sama dengan beberapa orang yang juga mahir dalam bahasa asing. Ini bisa menjadi bisnis sampingan anak kuliah modal kecil karena hanya membutuhkan keahlian saja. Media untuk promosi juga bisa dilakukan dengan mudah secara online.
  3. Jasa Pembuatan Konten Artikel
    Informasi saat ini bisa dicari melalui internet. Tak heran jika website-website terus bermunculan baik yang berisi informasi atau promosi untuk produk atau perusahaan. Pemilik website kadang tidak sempat untuk membuat konten dalam website itu sendiri sehingga dibutuhkan pihak lain untuk mengisinya.

    Mahasiswa bisa memanfaatkan ini dengan membuat jasa pembuatan konten artikel. Penulisan artikel sendiri bisa dilakukan oleh mahasiswa diberbagai jurusan. Jasa pembuatan konten artikel bisa dimulai dengan membuat akun media sosial dan website yang berisi contoh artikel serta rincian tarif yang diberikan.

    Penguasaan SEO juga cukup penting dalam artikel online, sehingga mendatangkan trafik lebih mudah. Jasa pembuatan konten bagi mahasiswa pemula bisa dilakukan secara mandiri dengan mempromosikan lewat media sosial. Namun, jika ingin jasa yang lebih besar maka bisa bekerja sama dengan beberapa orang yang tertarik untuk pembuatan konten artikel.
  4. Channel YouTube (YouTuber)
    Usaha sampingan anak kuliah bisa juga dengan membuka Channel YouTube. Saat ini ada banyak peluang untuk mendapatkan uang dengan menjadi youtuber. Video yang dibuatpun bisa bervariasi, bagi pemula, bisa menggunakan modal yang minim.

    Saat ini video bermain game juga bisa dijadikan konten untuk Channel YouTube. Video yang unik dan menarik akan mendatangkan banyak penonton dan pelanggan. Saat Channel YouTube sudah layak dimonetisasi, maka bisa mendatangkan uang. Ini bisa dilakukan oleh orang umum ataupun yang masih berstatus mahasiswa.

    Menjadi YouTuber berpenghasilan memang bukan hal yang mudah, namun, dengan terus belajar dan berusaha. Video unik dan menarik menjadi salah satu kunci agar menjadi YouTuber yang sukses. Mahasiswa juga bisa memanfaatkan hobi yang disukai untuk konten video.
  5. Jasa Desain Grafis
    Ide bisnis anak kost bisa dilakukan dengan membuka jasa desain grafis. Ini tentu berlaku bagi mahasiswa yang memiliki keahlian desain. Mahasiswa jurusan desain atau yang bukan, namun memiliki kemampuan bisa membuka jasa desain ini.

    Jasa desain grafis biasanya dibutuhkan untuk pembuatan logo, gambar, brosur, undangan, dan lainnya. Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa desain grafis, dapat dimulai dengan komputer/laptop dan printer. Mahasiswa yang sudah memiliki laptop biasanya tidak akan kesulitan untuk memulai usaha yang satu ini.
  6. Toko Online
    Toko online saat ini sangat mudah dibuka dengan bermunculannya platform marketplace. Mahasiswa bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka toko online dan menjual produk yang diinginkan. Produk yang dijual bisa berupa produk reseller atau produk sendiri.

    Ada baiknya menguasai dan menyukai terlebih dahulu produk yang akan dijual, sehingga dalam prosesnya akan lebih mudah. Hal ini dapat dilakukan dengan modal yang kecil, karena tidak membutuhkan tempat khusus untuk menjalankannya.

    Namun, perlu strategi promosi seperti mengunggah dimedia sosial atau mengadakan giveaway. Hal ini dapat membuat toko online bisa dikenal banyak orang. Bisnis online untuk anak kuliah ini dapat berkembang menjadi usaha utama jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh.
  7. Jasa Reparasi Komputer Atau Ponsel
    Mahasiswa pria biasanya ada yang memiliki kemampuan dalam hal reparasi barang-barang elektronik, komputer, maupun ponsel. Hal ini dimanfaatkan untuk peluang usaha anak kost yang cukup menguntungkan.

    Jasa reparasi tidak membutuhkan tempat yang luas dan bisa dilakukan ditempat kost atau tempat pemilik barang elektronik tersebut. Promosi untuk jasa reparasi komputer bisa dilakukan dengan membuka akun sosial media dan mempromosikannya pada mahasiswa lainnya. Barang elektronik sendiri banyak dimiliki oleh mahasiswa, sehingga tingkat kebutuhan reparasinya akan cukup tinggi. (*)

*Reporter : Irsan Juliani/ Editor: Fitria Indah Saraswati