Salah satu hobi yang membuatmu tetap kreatif. (Foto: int)

PROFESI–UNM.COM – Hobi adalah kegiatan atau aktivitas yang menjadi kesenangan terhadap individu tersebut. Tetapi, masih saja ada kalangan yang selalu meremehkan hobi yang mereka miliki, atau tak jarang terdapat orang-orang yang masih bingung dengan hobi mereka sendiri.

Banyak sekali kegiatan yang bisa dijadikan sebagai hobi, seperti melukis, membaca buku, menulis, berbagai macam olahraga, dan sebagainya. Realitanya, bagi orang-orang yang mau menekuni dan memanfaatkan hobi mereka, justru akan lahir peluang-peluang yang lebih menguntungkan.

Berikut ini, 5 jenis hobi yang perlu kamu miliki untuk sukses mulai sekarang!

  1. Hobi yang dapat menghasilkan uang
    Terdapat anggapan bahwa hobi tidak bisa menghasilkan uang. Faktanya, ada banyak jenis hobi yang dapat menghasilkan uang dan sudah terbukti dan dirasakan banyak orang. Tentu saja kamu bisa mencoba untuk menjadikan hobi kamu sebagai alat untuk menghasilkan uang. Contohnya jika kamu gemar merajut, kamu dapat mulai menjual hasil rajutanmu disitus online, dan banyak hobi lainnya tergantung kegemaran dan kesenangan kamu.
  2. Hobi yang dapat membuatmu tetap sehat
    Bersepeda dan jogging adalah contoh jenis hobi yang membuat tubuhmu tetap fit dengan aktif bergerak. Kesehatan tubuhmu juga sebuah prioritas yang tidak bisa diremehkan. Bila kesehatanmu terjaga dengan baik maka tidak lagi ada hambatan untuk aktif beraktivitas dalam keseharian kamu.
  3. Hobi yang membuatmu tetap kreatif
    Ada banyak hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan untuk mengasah daya kreativitasmu. Hobi kreatif ini bisa bikin kamu lupa waktu dan tanpa terasa mengasah daya kreativitas yang mungkin sebelumnya belum kamu sadari. Contohnya, melukis, seni desain, menyanyi, membentuk tanah liat, dan banyak lagi.
  4. Hobi yang membangun ilmu dan pengetahuanmu
    Membaca buku dengan genre yang kamu sukai, aktif berdiskusi di forum online, atau sekadar gemar berpartisipasi di berbagai jenis seminar. Jenis hobi ini memiliki cakupan yang luas, selama kamu menggemari atau menekuni topik tertentu, tanpa kamu sadari ilmu dan pengetahuanmu juga semakin bertambah.
  5. Hobi yang mengembangkan pola pikirmu
    Menulis jurnal harian adalah salah satu hobi yang dapat mengembangkan pola pikirmu. Kamu aktif bersosial media? Itu pun termasuk sebuah hobi yang dapat kamu manfaatkan, dengan aktif berinteraksi atau berdiskusi di dunia maya, tanpa kamu sadari itu dapat mengasah pola pikirmu karena interaksi manusia di dunia maya adalah cerminan dari pola pikir masyarakat. (*)

*Reporter: Khuznul Khotimah