Pengumuman Kebijakan bantuan kuota data internet bulan maret-mei 2021 via Youtube.Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM-Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim, telah resmi mengumumkan akan cair dana kuota untuk pelajar dan maupun tenaga pendidik bulan maret-mei 2021 mendatang. Senin, (1/3).

Hal ini beliau sampaikan pada akun youtube Kemendikbud RI pada pukul 13.00 WIB. Adapun kuota data internet dosen dan mahasiswa yang diberikan sebesar 15 GB/ bulan. Pendidik jenjang PAUD dan Pendidikan dasar dan menengah sebesar 12 GB/ bulan. Peserta didik jenjang SD-SMA 10 GB/ bulan dan Peserta didik PAUD sebesar 7 GB / bulan.

Nadiem Makarim mengatakan semua kuota yang diberikan sudah sesuai tepat sasaran data dan berdasarkan hasil riset dan survei yang dilakukan untuk mengevaluasi kebutuhan pelajar maupun tenaga pendidik.

“Untuk memastikan kuota dapat penyaluran rata kami memeriksa validitas data dan melakukan survei dan riset untuk mengetahui apa yg menjadi kebutuhan mereka untuk fleksibelitas. Jadi bagi yang tidak menggunakan atau telah lulus kuliah kami tidak memberikannya,” ujarnya.

Lanjut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut juga mempaparkan bahwa dalam bantuan kuota ini bisa diakses di semua  laman internet, seperti google, youtube atau media pembelajaran lainnya.

“Kami telah melakukan berbagai macam modifikasi, fleksibelitas dari hasil evaluasi bukan hanya mengurangi tapi meningkatkan kuota umum, sehingga dapat mengakses google, youtube kecuali aplikasi tiktok, instagram, facebook dan situs yang diblokir pemerintah,” paparnya.

Beliau berharap agar bantuan kuota internet 3 bulan kedepan dapat dijadikan suatu jembatan pendukung proses belajar mengajar jarak jauh.

“Kami mendukung kepada seluruh masyarakat untuk tatap muka bagi yang kesulitan jaringan dan akses tolong kepada pemerintah daerah untuk tatap muka supaya mereka tidak ketinggalan lagi dalam pembelajaran,” harapnya. (*)

*Reporter: Fitria Indah Saraswati