Pelantikan Dewan Ambalan dan Dewan Racana UKM Pramuka UNM (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi melantik Dewan Ambalan dan Dewan Racana. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula TK Pertiwi, Jalan Andi Djemma Nomor 15 Banta-bantaeng, Sabtu, (27/2).

Pelantikan Dewan Ambalan dan Dewan Racana merupakan agenda tahunan. Agenda ini juga diselenggarakan secara bersamaan dengan kepengurusan periode baru.

“Pelantikan Dewan Ambalan dan Dewan Racana merupakan program kerja gugus depan, artinya satuan racana dan ambalan itu tergabung didalamnya jadi pelantikannya diadakan bersamaan,”ucapnya.

Tahapan dalam pemilihan Dewan Ambalan dengan memilih ketua dari perwakilan yang telah diajukan sedangkan Dewan Racana dipilih langsung oleh Dewan Formatur.

“Proses pemilihan ketua ambalan dibentuk tim, ketua yang diajukan dari tim itu sendiri menunjuk siapa yang akan dijadikan ketua dan wakil, kemudian utusan ketua dan wakil ketua yang kemudian berembuk kembali siapa yang akan dipilih menjadi ketua dewan ambalan sedangkan pemilihan ketua racana itu melalui pertimbangan dewan formatur,” ujarnya.

Peranan dari ketua harus mampu bertanggung jawab dengan tugas yang diembannya sekaligus mampu menyampaikan informasi seputar kegiatan UKM Pramuka UNM kepada pembina agar lebih baik lagi kedepannya.

“Fungsinya ketua itu sebagai seorang yang mengarahkan, bertanggung jawab kepada pembina, bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di Ambalan dan racana, intinya sebagai penyambung lidah dari dewan ke pembina maupun ke racana,” ucapnya. (*)

*Reporter: Nuraisna Ramadani/Editor: Murni.