Ilustrasi mahasiswa mengerjakan tugas kuliah online. Foto-Profesi
Ilustrasi mahasiswa mengerjakan tugas kuliah online. Foto-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Tugas kuliah menjadi momok tersendiri bagi mahasiswa apalagi tugasnya diberikan secara bersamaan oleh dosen. Hal tersebut membuat tugas jadi menumpuk bak cucian kotor. Deadline yang bersamaan kadang membuat mahasiswa kebingungan yang mana mesti di prioritaskan dalam mengerjakannya.

Tak jarang mahasiswa lewat deadline karena kebingungan tersebut. Oleh karena itu, berikut tips mengerjakan tugas tanpa khawatir lewat deadline.

  1. Buat jadwal
    Kamu bisa mencatat tugas-tugas yang diberikan dosen. Tujuannya agar kamu tidak lupa mengenai tugas tersebut dan buatlah deadline untuk mengerjakannya.
  2. Manajemen waktu
    Tak bisa dipungkiri bahwa manusia adalah mahluk sosial, sebagai mahasiswa tentu memiliki kegiatan lain baik itu organisasi atau sekedar nongki. Namun jangan sampai karena kegiatan tersebut membuat kamu menomorduakan tugas-tugas kamu. Kamu harus tegas mengatur waktu kapan kamu mengerjakan tugas dan kapan kamu kumpul dengan teman-teman atau ikut kegiatan organisasi.
  3. Hindari SKS
    Sistem Kebut Semalam (SKS) menjadi jalan ninja bagi mahasiswa yang kumpul tugas di akhir deadline. Dengan sistem SKS ini mahasiswa lebih tertekan dan hasilnya pun tidak maksimal. Untuk itu ada baiknya kamu hindari sistem ini karena akan jadi kebiasaan tidak baik ketika kamu memasuki dunia kerja nanti.
  4. Batasi bermain smartphone
    Scroll tiktok dan sosmed lainnya sampai berjam-jam merupakan hal lumrah dilakukan oleh mahasiswa saat ini. Apalagi saat pandemi seperti ini smartphone bagaikan terman sejati yang bisa menghibur karena aktivitas kita yang terbatas. Tapi kebanyakan bermain smartphone membuat kita jadi mager untuk sekedar menyentuh laptop dan mengerjakan tugas. Ada baiknya kamu menjadikan smartphone kamu sebagai sarana untuk kuliah sehingga kegiatan main hp kamu lebih produktif. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani