Wisudawan terbaik FMIPA UNM Periode wisuda februari 2021 - Foto.Aga-Profesi
Wisudawan terbaik FMIPA UNM Periode wisuda februari 2021 - Foto.Aga-Profesi

PROFESI-UNM.COM – A. Mauliyana dinobatkan sebagai wisudawan tertinggi tingkat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada wisuda Universitas Negeri Makassar (UNM) periode Februari 2021. Prosesi wisuda tersebut digelar di Ballroom Teeater Lantai 3 Menara Pinisi, Rabu (17/2).

Mahasiswi Peraih Beasiswa Best One Djarum itu juga membagikan tips agar cepat lulus kuliah, “Secara teknis, ambil mata kuliah SKS di awal, dipergunakan jika ada kelebihan SKS agar fokus skripsi pada semester 8,” jelasnya.

Menurutnya, selain akademik organisasi dan aktivitas sosial juga menjadi penunjang dalam memperoleh beasiswa, “Siapkan target dan cari peluang dapat beasiswa rajin belajar. Selain sisi organisasi juga akademik, dan yang penting adalah organisasi harus jalan, aktivitas dalam dan luar kampus yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Mahasiswi yang akrab disapa Ana itu merasa senang dan bangga telah berhasil menjadi wisudawan terbaik di fakultasnya.

“Bahagia karena bukan perjuangan yang mudah apalagi FMIPA terkenal susah dan tentunya bangga dan berterima kasih sama orang tua,” ucapnya.

Mahasiswa jurusan Statistika itu berhasil menyelesaikan studi dalam kurun waktu 3 tahun 3 bulan.

“Prosesnya saya sudah proposal sbelum KKN, setelah itu seminar hasil dan satu minggu setelahnya ujian tutup,” ungkapnya.

Mahasiswa angkatan 2017 itu pun membagikan pengalamannya dalam menyelesaikan skripsi, Ia mengungkapkan banyak cobaan yang dihadapi dalam menyusun skripsi, bahkan Ia kehilangan laptop sehari sebelum pengumpulan draft hasil.

“Skripsi ada saja cobaannya, dimudahkan pada saat pengurusan dosen pembimbing, tapi saya pake data Covid jadi validasi datanya yang berubah tiap hari dan H-1 mengumpulkan draft hasil laptop kecurian jadi harus analisis ulang lagi,” ucapnya. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang/Editor: Muh. Ilham Raihan