WR III UNM secara resmi membuka Seminar Nasional Literasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNM. Foto: ist

PROFESI-UNM.COM – Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Makassar (WR III UNM) secara resmi membuka Seminar Nasional Literasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNM, Senin (8/2).

Kegiatan ini mengusung tema “Literasi Digital di Era 5.0” yang dilaksanakan di Hotel Mercure, Jalan A. P. Pettarani Makassar dan dilaksanakan secara blended (luring dan daring)

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III UNM, Sukardi Weda mengatakan untuk menjadi pemimpin bangsa harus siap hidup dalam berbagai industri haruslah diawali dengan belajar dengan giat.

“Sekarang, kita tengah berada di 3 era, Revolusi Industri 4.0, Society 5.0, dan Bonus Demografi. Jadi, seorang mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa ini harus belajar dengan baik dan sungguh-sungguh,” katanya.

Ia juga menjelaskan tentang era 4.0 hingga bagaimana era 5.0 yang merupakan era yang berkolaborasi antara manusia dan mesin.

“Industrial Revolution 4.0 (Digitalisasi), IR 5.0 (Kerjasama antara manusia dan mesin), dan kehadiran artificial intelligence (kecerdasan buatan), sepert mesin dan robot mendominasi kehidupan sehari-hari. Society 5.0, yang menekankan kemampuan memecahkan masalah (problem solving), berpikir kritis (critical thinking), serta kreatif dan inovatif (creativity/Inovasi),” jelasnya.

Selain Sukardi Weda, kegiatan seminar ini juga dihadiri oleh Sukri A. Nyompa (Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FMIPA UNM), 1007 peserta dari berbagai perguan tinggi dan 691 peserta dari UNM.

Pembicara dalam Seminar Nasional ini adalah Ardiyansah Ahmad, Sherly Annavita Rahmi dan dimoderatori oleh Muh. Rijal Djamal. (*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A