Laporan Ketua Panitia, Cicci Resky Milenia. Foto-Nisa/Profesi

PROFESI-UNM.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Nasional di Mercure Hotel Makassar, Senin (8/2).

Mengusung tema ‘Literasi Digital di Era 5.0’, seminar ini bertujuan guna meningkatkan budaya dan kemampuan berliterasi mahasiswa dalam hal ini berkaitan dengan literasi digital khususnya Mahasiswa FMIPA UNM.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 1007 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi. Jumlah Mahasiswa UNM sendiri sebanyak 691 peserta, 468 diantaranya merupakan mahasiswa dari Fakultas MIPA.

Cicci Resky Milenia, Ketua Panitia merasa bangga dan berterima kasih kepada pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini.

“Acara ini dapat terlaksana karena dukungan serta usaha dari semua pihak, oleh karena itu kami selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut menyukseskan kegiatan ini, serta media partner yang telah bekerja sama dengan kami sehingga acara ini dapat berjalan sesuai harapan,” ucapnya.

Di sisi lain, Presiden BEM FMIPA UNM, Ari Baba Felani menuturkan kegiatan ini diharapkan menjadi stimulus dalalam budaya literasi.

“Minimnya budaya literasi yg ada di negara ini Indonesia itu berada dalam peringkat 60 dalam 61 negara. Setidaknya kegiatan ink menjadi stimulus dalam budaya literasi di era sekarang. Literasi itu tidak hanya soal membaca dan menulis, namun kita harus pahami apa yang telah kita baca,” tuturnya.

Ari sapaannya juga mengujarkan sebuah penjelasan bagaimana pentingnya literasi dalam kemajuan era digital 5.0.

“Literasi era digital 5.0 itu tidak akan mampu kita temukan jika kita tidak melek literasi. Kekejaman terbesar itu bukan pada orang yang membakar buku, tetapi pada orang yang memiliki buku namun tidka membacanya,” katanya. (*)

*Reporter: Annisaalifa Annisyul/ Editor: Annisa Asy Syam. A