Ilustrasi penggunaan masker. Foto: Int

PROFESI-UNM.COM- Virus Covid-19 sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat, oleh karena itu, kita perlu mengetahui tentang bagaimana cara menjaga kondisi lingkungan yang baik dan polusi udara. (5/2)

Aktivitas manusia relatif berhenti serentak karena orang-orang mengurung diri di rumah masing-masing demi mengurangi angka peningkatan kasus covid-19.

Di lansir dari Smartcity.jakarta.go.id studi Intergovernmental Science Policy Platform on Biodiversity and Ecosystem Services (IPBES), pengurangan intervensi manusia terhadap alam dapat mencegah pandemi di masa depan. Studi ini merekomendasikan aksi besar seperti menurunkan aktivitas penggundulan hutan dan perluasan lahan pertanian, untuk mengurangi kontak dengan hewan liar yang mungkin membawa virus berbahaya bagi manusia.

Berikut tips sederhana yang bisa dijalankan sebagai individu atau keluarga dari rumah selama beraktivitas pada masa pandemi.

1. Masker dan Hand Sanitizer, Perlengkapan Esensial di Kala Masa Transisi

Memakai masker dan membawa hand sanitizer ketika sedang beraktivitas di luar. Menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk, serta mencuci tangan secara rutin penting untuk menjaga kesehatan pribadi serta orang lain. Namun jenis masker dan hand sanitizer yang digunakan juga penting untuk memelihara lingkungan. 

2. Mengurangi Penggunaan Plastik

Pengurangan penggunaan plastik di rumah saat beraktivitas sehari-hari dengan cara menggunakan KBRL yang dapat digunakan berulang kali,  mengurangi penggunaan air mineral berkemasan botol plastik, lalu menggantikannya dengan botol minum yang bisa dicuci dan diisi kembali. 

3. Budayakan Bersepeda dan Berjalan Kaki

Berjalan dan bersepeda bisa menjaga kesehatan jasmani maupun mental, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu menurunkan berat badan. Tak hanya bermanfaat untuk kebugaran pribadi, bersepeda dan berjalan kaki juga berguna bagi lingkungan.

4. Jangan Lupa Cabut Perangkat Elektronik

Penggunaan perangkat elektronik mengeluarkan emisi karbon yang bisa berbahaya terhadap lingkungan. Cara mengurangi dampak ini dengan mencabut kabel perangkat elektronik saat tidak digunakan.

5. Menghemat Pemakaian

Pemakaian air yang berlebihan bisa menyebabkan polusi di sungai dan laut meningkatkan emisi gas rumah kaca yang terkait dengan pengolahan serta distribusi air. Ada beberapa hal sederhana yang bisa diterapkan untuk menghemat pemakaian air, seperti mematikan keran saat sedang menyikat gigi maupun selagi mencuci tangan dengan sabun dan mempersingkat waktu mandi. (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah/ Editor: Fitria Indah Saraswati