Peserta Lomba Cipta Baca Puisi yang diadakan oleh Himaprodi PBSI FBS UNM. Foto: Ist.

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Prodi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) gelar Lomba Cipta Baca Puisi Himaprodi Mengabdi 2021 di Desa Pekalobean Kec. Anggeraja Kab. Enrekang, Rabu, (3/2).

Lomba Cipta Baca puisi tersebut diikuti oleh 28 orang peserta dari seluruh SMP yang berada di Kota Enrekang. Dalam lomba, tidak ditentukan tema khusus karena diharapkan peserta bisa lebih mengeksplorasi kreativitas mereka. 

Muh. Alphian, Ketua Umum Himaprodi PBSI mengungkapkan bahwa alasan diadakannya lomba cipta baca puisi selain menjadi item kegiatan wajib di Himaprodi Mengabdi setiap tahunnya juga bertujuan untuk menjadi wadah bagi anak-anak daerah untuk menunjukkan bakat mereka dalam bidang sastra.

“Jadi tujuan umumnya kami dan teman-teman ingin memastikan sastra masih hidup sampai hari ini dan tak akan mati, lomba Cipta Baca Puisi ini juga bertujuan untuk mengembangkan bakat anak-anak daerah terkhusus pada bidang Puisi,” ujarnya.

Mahasiswa angkatan 2018 itu juga mengaku merasa senang atas respon masyarakat yang sangat antusias dan para peserta yang semangat mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Himaprodi Mengabdi Tahun 2021.

“Menurut saya antusiasme masyarakat disini sangat tinggi, dan peserta lombanya-pun sangat bagus semua. Saya mengatakan antusiasme dan apresiasi mereka sangat tinggi sebab banyak sekolah yang jaraknya sangat jauh dari lokasi kegiatan lomba itu tetap hadir untuk mengikuti lomba,” ucapnya.

Terakhir, ia juga berharap peserta yang mengikuti lomba tersebut terus melatih minat dan bakat mereka dalam bidang sastra khususnya dalam menulis puisi.

“Semoga para peserta lomba terus mengembangkan bakatnya dan bisa mendapat pengalaman baru dalam kegiatan ini, serta memperoleh ilmu-ilmu yang baru agar kelak bisa jadi kebanggaan Kabupaten Enrekang ini,” harapnya.(*)

*Reporter: Mustika Fitri/Editor: Fitria Indah Saraswati