WR III UNM, Sukardi Weda. Foto: Ist

PROFESI-UNM.COM РDalam pemaparan  materi kegiatan Lab Series Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM), Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) UNM, Sukardi Weda memberikan tips formula dalam berorganisasi, yaitu 5W + 1H (Why, What, When, Where, Who, dan How), Sabtu (30/01).

Sukardi Weda, menjelaskan mengenai beberapa formula dalam organisasi. Pertama-tama, ia menjelaskan  maksudnya mengapa masuk dalam organisasi, ini terkait dengan tujuan seseorang berorganisasi, baik tujuan individu maupun tujuan bersama.

“Seperti merealisasikan tujuan atau cita-cita bersama (collective goal), membuat seseorang disiplin dan berdaya saing, memiliki etos kerja, membangun tim, mengelola waktu, dan membangun jaringan,” katanya.

Kedua, What atau apa, organisasi apa yang sesuai dengan minat dan bakat serta tujuan profesional dan karir di masa depan. Kemudian, When atau kapan, Kapan harus berorganisasi, yah sekarang tentunya, sebagai persiapan untuk belajar berbagai hal.

Where atau dimana, maksudnya dimana harus berorganisasi, tentunya di internal kampus, melalui berbagai organisasi kemahasiswaan dan UKM sesuai dengan talenta dan visi kedepan. Who atau siapa, maksudnya dengan siapa kita berorganisasi,  tentu dengan orang-orang yang memiliki kesamaan cita-cita atau tujuan.

Akhir, How atau bagaimana, maksudnya bagaimana mencapai tujuan organisasi yang telah dirumuskan dalam Renstra atau rencana aksi. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka semua potensi organisasi dimaksimalkan peran dan fungsinya.

Sukardi Weda berharap agar semua mahasiswa menjadi orang yang sukses dan dapat mencatat formula yang ia paparkan.

“Untuk adik-adik semua, belajar yang sungguh-sungguh untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa ini,” harapnya. (*)

*Reporter: Fitria Indah