Kendala akses pada situs SIA UNM. Foto: Azisa Profesi

PROFESI-UNM.COM – Sistem Informasi Akademik (SIA) Universitas Negeri Makassar (UNM) kini mengalami gagal koneksi atau biasa disebut server down, Jumat (29/1).

Kendala akses pada website tidak lain salah satu penyebabnya karena biasanya terdapat gangguan jika diakses oleh banyak orang dalam kurun waktu yang bersamaan.

Dikutip dari laman avinetworks.com, Hal tersebut terjadi ketika kondisi menyebabkan server menghabiskan sumber dayanya, sehingga gagal menangani permintaan masuk. Misalnya, server tidak akan lagi responsif terhadap permintaan dari server webnya karena gagal memprosesnya.

Hal tersebut terjadi karena adanya pengumuman secara serentak hasil peninjauan Uang Kuliah Tunggal (UKT) terhadap sebagian besar mahasiswa/i di lingkup UNM.

Sehingga para mahasiswa yang mengajukan penurunan UKT berlomba-lomba untuk mengecek apakah mereka mendapatkan keringanan atau tidak. Dari sekian banyaknya mahasiswa pun berlomba-lomba untuk mengetahui hasil tinjauan tersebut di website resmi sia.unm.ac.id. untuk mendapatkan kepastian.

Beberapa waktu lalu, ada beberapa mahasiswa yang telah berhasil login pada akun SIA masing-masing. Mereka mengatakan UKT-nya telah turun meski tidak turun seberapa. Adapula yang mengatakan bahwa UKT-nya tidak turun sama sekali.

“Alhamdulillah sudah turun, tapi sedikit sekali. Masa iya beda dengan yang kemarin”, cuit Septha (disamarkan) pada sebuah percakapan grup.

“Saya iya belumpi turun. Ditunggui ini atau bagaimana, padahal kan semester lalu dua gelombang”, ucap Andira (disamarkan). (*)

*Reporter: Nur Azisa/Editor: Annisa Puteri Iriani