Aris Baharuddin, Dosen Administrasi Bisnis FIS UNM resmi sandang gelar doktor, Selasa (26/1). Foto-Ist
Aris Baharuddin, Dosen Administrasi Bisnis FIS UNM resmi sandang gelar doktor, Selasa (26/1). Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM –  Dosen Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) Aris Baharuddin resmi menyandang gelar doktor bidang Ilmu Administrasi Publik Program Pascasarjana UNM yang diadakan secara virtual via Zoom, Selasa (26/1).

Ia meraih gelar doktor setelah berhasil menyelesaikan ujian promosi dengan mempresentasikan disertasi berjudul “Inovasi Pelayanan Publik Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Selatan”.

Pemilihan judul tersebut dikarenakan penerapan pelayanan publik belum berjalan efisien dan efektif mengingat harapan masyarakat terhadap pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau serta sesuai dengan pasal 4 UU No. 25 Tahun 2009.

“Masih terdapat keluhan dari pengguna layanan yang belum memahami prosedur, ketersediaan sarana prasarana, ketepatan waktu, biaya pelayanan serta optimalisasi pengawasan pelayanan perizinan,” tulis Aris dalam disertasinya.

Dalam penelitiannya, Aris turut pula mengembangkan model layanan yang disebut “Simasei” atau Pinisi Smart Service. Model layanan ini merupakan pengembangan model layanan berbasis kearifan lokal (local wisdom).

Simasei dianggap perlu dijadikan model alternatif bagi DPMPTPS Sulawesi Selatan dalam mendorong inovasi pelayanan publik yang profesional berdasarkan konteks budaya lokal.

Terakhir, Aris Baharuddin mengucapkan rasa syukur karena telah berhasil menyelesaikan pendidikan jenjang doktor dengan beasiswa dan meraih IPK 3,98 dengan masa studi 5 tahun.

“Alhamdulillah sangat bersyukur bisa menyelesaikan pendidikan jenjang doktor dengan beasiswa. Termasuk saya yang pertama kali meraih gelar doktor di keluarga,” ucapnya.

Promosi tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) UNM yaitu Hasnawi Haris dan Dekan FIS, Jumadi beserta wakil dekan, pimpinan dan Dosen Jurusan Ilmu Administrasi.(*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani