WR III UNM Hadiri Pembukaan Musyawarah Racana XLII Gudep Kota Makassar - Foto.Ist
WR III UNM Hadiri Pembukaan Musyawarah Racana XLII Gudep Kota Makassar - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Gugus Depan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju menggelar pembukaan Musyawarah Racana XLII UKM Pramuka UNM. Bertajuk “Sinergi Menuju Racana yang Unggul” dan bertepat di Baruga Benteng Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Kegiatan pembukaan dihadiri oleh Sukardi Weda, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) UNM, Kasmawati (Ketua Gudep PUTRI Opu Dg. Risaju), Nurhayati yang juga narasumber ahli, Irfan (Pembina Racana Putra Ranggong Dg.Romo), Akmal (Anggota Dewan Kerja Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka), Kadri dan Sinar (Ketua UKM Pramuka UNM) Kadri, Ketua Umum UKM PMI UNM, Ketua Umum UKM Seni UNM, dan para peserta yang mengikuti kegiatan secara luring dan daring.

Dalam sambutannya, Kasnawati menekankan bahwa salah satu tujuan dari kepanduan ini adalah untuk bina diri dan bina masyarakat.

Hal senada juga disampaikan Sukardi Weda dalam sambutannya bahwa dalam kepanduan, kita harus meningkatkan kesalehan diri dan kesalehan sosial kita.

“Jangan hanya saleh, tetapi juga harus muslih, yakni berbuat kebaikan untuk orang-orang di sekitar kita,” ujarnya.

Dalam acara pembukaan Musyawarah Racana tersebut, dilakukan juga pemberian Bintang Tahunan. Pemberian bintang tahunan sebagai penghargaan atas pengabdian pengurus di gugus depan selama satu tahun.

“Bintang tahunan diberikan kepada Gudep Ranggong Dg. Romo sebanyak 9 orang dan Opu Dg. Risadju sebanyak 13 orang,” jelasnya. (*)

*Reporter: Anita Nur Fadhilah Halid