Jysa penulis best seller asal FPsi UNM - Foto.Profesi
Jysa penulis best seller asal FPsi UNM - Foto.Profesi

PROFESI-UNM.COM – “Jangan takut untuk mulai,” begitulah ungkapan novelis muda, Jysa Nursakinah ketika ditanya tips menulis. Bagi pecinta novel, siapa yang tidak kenal Mahasiswi Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) ini. Walau tulisannya sempat ditolak banyak penerbit, Ia yang kala itu masih berseragam putih abu-abu tidak pernah berhenti menulis. Dan kini jadi seorang novelis.

Jysa mengaku mengukir cerita ke dalam tulisan adalah sebuah hobi baginya. Sedari awal, dara Makassar ini memang kerap menongkrongi series “Kecil-kecil Punya Karya”, sebuah karangan cerita yang digandrungi anak kecil waktu itu. Karena terinspirasi, Jysa pun mulai hobi menulis, bahkan dirinya pernah menulis cerita hingga genap satu buku.

“Ceritanya klasik sih kak tentang persahabatan anak SD. Judulnya sudah lupa, maklum ditulisnya pas kelas tiga SD, tapi lumayan waktu itu di word sampai 70-an halaman, pakai komputer besar papa hehe,” ujarnya.

Tulisannya yang kerap Ia publikasi di Wattpad ternyata banyak diminati orang. Jysa pun memutuskan untuk mengirim tulisan-tulisannya ke berbagai penerbit buku. Namun kala itu dirinya kurang beruntung sebab banyak penerbit menolak tulisannya.

“Waktu itu saya kirim ke enam penerbit. Rata-rata saya tunggu kabar naskahnya tiga sampai lima bulan, tapi semuanya ternyata ditolak. Jadi impian saya jadi penulis saat SMA gak terwujud,” ungkapnya.

Karena sudah hobi, kebiasaan Jysa menjahit bait-bait ide jadi sebuah cerita tidak pernah kandas. Dirinya pun tetap menulis dan menjadikan Wattpad sebagai ruang kreasi. Hingga akhirnya Ia dihubungi penerbit asal Yogyakarta dan buku pertama karangan Jysa diterbitkan. Bahkan buku bertajuk “That Day” miliknya itu menduduki rak-rak best seller di banyak toko.

“Kaget banget, waktu itu ditawarin agak tengah malem lewat LINE. Kirain akun bodongan, pas aku cari tahu ternyata beneran sampai gak bisa tidur waktu itu karena excited,” syukur Jysa menceritakan buku pertamanya.

Kini hobinya itu menghantarkan Jysa menjadi novelis yang dikenal orang. Terhitung empat karangannya (That Day, That Night, SYNC, Moonwisher) dan satu artbook “Your Magic Shop” milik Jysa kini dibukukan hingga kerap menjadi best seller.

Meski masih tinggal bersama orangtua, Jysa mengatakan berkat karyanya itu, dirinya sekarang menjadi pribadi mandiri secara finansial. Olehnya penghasilan buku miliknya itu sudah bisa membiayai uang kuliah dan kebutuhan sehari-hari. Bahkan hobinya itu pun pernah menghantarkan Jysa liburan ke luar negeri.

Kegemaran Jysa menulis tidak membuat Ia mengesampingkan pendidikannya. Mahasiswi yang satu ini optimis, bidang ilmu psikologi kelak menjadi pijak kariernya. Tak ayal ketika ditanya soal akademik, penggemar BTS itu ternyata adalah pribadi yang cukup ambisius. Pasalnya, Jysa yang kini menginjak semester tujuh di UNM punya impian meneruskan jenjang pendidikannya di luar negeri. Jysa mengaku mulai mempersiapkan kebutuhan akademiknya agar bisa memprogram strata dua (S2) dengan beasiswa.

“Progressnya sekarang sih masih tahap belajar untuk IELTS sebagai syarat untuk keterima di luar,” pungkasnya.

Biodata
Nama: Jysa Nursakinah
Tempat tgl lahir: Ujung Pandang 31 Mei 1999
Hobi: Baca novel & menulis
Motto: Live with no regret
Ig: @jysaaaa

Riwayat pendidikan

  1. SDN Mangkura II Makassar
  2. SMPN 18 Makassar
  3. SMAN 3 Makassar
  4. UNM , Fakultas Psikologi

*Tulisan ini telah terbit di Tabloid Profesi edisi 245