(Foto: ist)

PROFESI-UNM.COM – Sistem imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana dapat dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit, ini akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Imun dalam kondisi lemah tubuh akan mudah terserang penyakit oleh karena itu, agar tubuh kembali kebal sistem imun harus dijaga dan di tingkatkan.

Dikutip dari Kompas.com, pada sistem imun tubuh secara normal dapat bekerja sangat efisien dalam menghadapi musuh, akan tetapi sistem imun saat ini dalam kondisi lemah tubuh pun akan mudah terserang penyakit.

Berikut cara meningkatkan daya tahan tubuh ditengah pandemi:

  1. Menghindari stres dan bersikap rileks atau santai

Stres merupakan reaksi seseorang baik secara fisik atau mental (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. bahkan sumber dari penyakit adalah stress yang bisa mempengaruhi lingkungan seseorang.

  1. Mengonsumsi makanan berserat dan mengandung antioksidan

Antioksidan dapat membantu menetralisasi radikal bebas sehingga tubuh terhindar dari berbagai kerusakan sel dan jaringan. antioksidan di perlukan untuk mengangkat radikal bebas yang ada dalam darah yang bisa menekan daya tahan tubuh. Agar bisa mengasup antioksidan dalam tubuh, di anjurkan rutin mengomsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

3.Mengonsumsi makanan kaya akan vitamin dan mineral

Kekuatan imunitas dalam tubuh secara menyeluruh, tergantung pada makanan, vitamin, dan mineral yang dikonsumsi secara optimal terutama vitamin C sebagai nutrisi utama peningkat imunitas atau masker immune-boasting nutrient yang membantu sel-sel imunitas menjadi dewasa, meningkatkan performa antibodi, dan antibakteri.

  1. Olahraga teratur

Seorang peneliti menunjukan bahwa olahraga selama 30 menit secara rutin setiap hari dapat meningkatkan kadar leukosit sel darah tanpa warna yang berfungsi membinasakan Bakteri yang memasuki tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh dan Meningkatkan respons antibodi dan T Cell

  1. Tidur cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan seseorang meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit dan menurunkan sistem imunitas tubuh, seseorang biasanya mudah terserang influenza atau infeksi lainnya. Oleh karena itu, di anjurkan untuk tidur 7 sampai 9 jam setiap malam

  1. Menjaga kebersihan makanan

Kebersihan makanan perlu di lakukan mulai dari pembersihan, pembuatan, termasuk perlengkapan makan dan air minum untuk menjaga daya tahan tubuh.

  1. Menjaga asupan nutrisi dengan baik

Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan melalui kombinasi nutrisi, yaitu nutrisi makro, serat dan nutrisi mikro. Nutrisi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan nutrisi mikro adalah vitamin dan mineral.
Sel-sel dalam tubuh membutuhkan nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik.

Kurangnya nutrisi dapat menurunkan fungsi sel, hingga akibatnya bisa menurunkan sistem imunitas tubuh. Sebaiknya memperbanyak mengonsumsi makan alami seperti omega 3 dan 6 yang dapat ditemukan dalam minyak ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Konsumsi makanan yang banyak mengandung air dan makanan hangat

Meningkatkan imunitas dan memperbaiki selaput lendir yang melapisi dinding saluran pernapasan, sup hangat adalah menu pilihan terbaik.

Sebaliknya, mengonsumsi makanan dan minuman dingin akan merangsang keluarnya lendir dan bisa memengaruhi sistem pernapasan serta menurunkan daya tahan tubuh. (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah/Editor: Kristiani Tandi Rani