Aliansi Mahasiswa Menggelar Aksi Tuntutan Pemberian Subsidi UKT Secara General, Jum'at (22/1). (Foto: Fadhil Aqilah)

PROFESI-UNM.COM – Aliansi Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar aksi dengan tuntutan pemberian Subsidi Uang Kuliah Tunggal (UKT) secara general di Depan Gedung Menara Pinisi, Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar, Jumat (22/1).

Aksi ini digelar kesekian kalinya di tempat yang sama. Dalam aksi demonstrasi tersebut ada beberapa isi turunan, yakni Transparansi Unit Cost, Transparansi anggaran Covid-19, Tindak lanjut pengembalian UKT Semester Ganjil, dan Revisi SK Rektor No.5/UN36/HK/2021.

Awaluddin, Jendral Lapangan aksi mengatakan bahwa massa aksi hari ini menerima tawaran dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) UNM untuk menyediakan wadah berupa ruang dialog anatar Rektor UNM dan Aliansi Mahasiswa.

“Kami menerima kesepakatan tersebut dikarenakan WR III UNM menjaminkan bahwasannya ia akan mengusahakan agar rektor bisa dialog dengan teman-teman di hari Senin,” ujarnya

Ia juga menambahkan, jika kesepakatan tersebut tidak terpenuhi maka Aliansi Mahasiswa akan kembali menggelar aksi dengan membawa massa yang lebih banyak.

“Kami sepakat dengan itu, tapi ketika dialog di hari Senin tersebut tidak terlaksana akan ada aksi yang lebih besar lagi,” ucapnya

Lanjut, Ia mengungkapkan awalnya massa aksi akan kembali mengadakan pendudukan di Pelataran Pinisi. Namun, hal tersebut akhirnya diurungkan setelah adanya kesepakatan dari WR III UNM.

“Sebenarnya itu akan ada pendudukan namun karena ada tadi arahan dari WR III jadi teman-teman kembali ke titik aksi dan mengadakan rencana strategi untuk kedepannya,” ungkapnya

*Reporter: Mustika Fitri/Editor: Annisa Asy Syam