Pamflet kegiatan. (Foto: ist)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Prodi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan kembali menggelar Bakti Sosial (Baksos) Himaprodi PBSI Mengabdi di Desa Pekalobean, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang pada 31 Januari hingga 6 Februari 2021 mendatang.

Kegiatan Himaprodi Mengabdi merupakan kegiatan tahunan Himaprodi PBSI seperti halnya kegiatan Bakti Sosial yang menjadi wadah Mahasiswa PBSI untuk merealisasikan Tridharma Perguruan Tinggi yang ketiga terkait pengabdian kepada masyarakat.

Muh. Alpian, Ketua Umum Himaprodi PBSI FBS UNM mengungkapkan alasan dipilihnya Kabupaten Enrekang menjadi lokasi Baksos Himaprodi PBSI Mengabdi karena dianggap tempat tersebut masih perlu adanya pembaharuan oleh para mahasiswa.

“Kebetulan Kabupaten Enrekang ini belum pernah menjadi kabupaten tempat terlaksananya Himaprodi PBSI Mengabdi. Selain itu, di masa pandemi juga pasti menyebabkan beberapa kendala, jadi semua diperhitungkan dengan seksama lalu memilih salah satu desa di bumi Massenrempulu yang memerlukan sentuhan tangan mahasiswa,” ungkapnya.

Terakhir, mahasiswa asal Pinrang tersebut berharap agar semua rangkaian kegiatan Baksos Himaprodi PBSI Mengabdi dapat memberikan manfaat dan kesan baik kepada masyarakat setempat.

“Semoga kegiatan ini selesai dengan lancar, setiap kegiatannya terlaksana dengan sukses serta tidak menimbulkan kerugian untuk siapapun, dan semoga juga mahasiswa terus bisa bermanfaat dengan baik di tengah masyarakat,” harapnya. (*)

Adapun kegiatan Baksos Himaprodi PBSI Mengabdi ini memliki beberapa rangkaian kegiatan, di antaranya:

  1. Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI)
  2. Pelatihan tari, dongeng dan puisi
  3. Pertandingan sepak takraw se-kecamatan
  4. Pertandingan bola voli se-Kabupaten
  5. Lapak baca
  6. Gerakan Literasi: (Tema: Bahasa dan Sastra untuk Enrekang Sehat) seminar literasi, seminar covid, workshop beasiswa
  7. Pelatihan guru digital dan perlombaan video pembelajaran
  8. Seribu masker untuk Enrekang
  9. Lomba cipta baca puisi SMP se- Kabupaten Enrekang
  10. Jumat bersih dan penyemprotan disinfektan
  11. Dialog masyarakat mengenai “bahaya narkoba dan anti radikalisme”
  12. Bina desa wisata dan pelatihan kewirausahaan (Digitalisasi UMKM)
  13. Lomba dangdut se-kecamatan
  14. Malam senandung rembulan. (*)

*Reporter: Mustika Fitri/Editor: Muhammad Khadafi