Hasnawi Haris saat membawakan materi pada webinar Dema JBSI FBS UNM - Foto.Tini-Profesi
Hasnawi Haris saat membawakan materi pada webinar Dema JBSI FBS UNM - Foto.Tini-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Dalam rangka memeriahkan hari lahir (Harlah) yang ke-17 Dewan Mahasiswa (Dema) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar webinar nasional.

Webinar ini menghadirkan berbagai pembicara handal, salah satunya Ketua PGRI Sulsel, Hasnawi Haris, Ia menyampaikan pendapatnya terhadap tema yang diangkat.

Dalam webinar ini Hasnawi Haris membawakan materi Dekandensi Pendidikan dalam Geliat Kompetensi Global.

Hasnawi Haris mengatakan manusia adalah makhluk ciptaan yang terlahir dengan berbagai pengetahuan seperti yang termuat dalam Undang-Undang (UU) pendidikan.

“Ada 2 hal yang ingin saya sampaikan, yang pertama bahwa tujuan pendidikan sebagaimana dalam UU pendidikan nasional, kita terlahir sebagai manusia Indonesia yang mandiri dan intelektual,” jelasnya.

Ia menjelaskan sistem pendidikan yang ada saat ini tidaklah jauh berbeda dari sistem yang telah ada sejak lama karena sampai hari ini kita masih terbatas dalam belajar.

“Sistem pendidikan menunjukkan bahwa sistem pendidikan kita tidak berbeda dari sistem pendidikan yang lama, seperti kampus merdeka kita masih menyaksikan bahwa sistem pendidikan kita masih sangat terbatas,” ujarnya.

Terakhir, Ia menjelaskan bahwa guru seharusnya tidak hanya menilai dari tingkat intelektual saja namun juga dari sisi emosional dan spritual siswa seperti yang dikemukakan oleh salah satu ahli psikologi.

“Adik-adik masih merasakan bagaimana guru-guru kita di sekolah, masih mengasah intelektual kita sehingga yang berprestasi adalah anak-anak yang memiliki nilai yang tinggi, padahal salah seorang ahli psikologi menyampaikan teorinya bahwa sesungguhnya hanya 20% ditentukan oleh intelektual dan 80% ditentukan oleh emosional dan spiritual kita,” tuturnya.

Webinar ini dihadiri oleh pengurus Dema JBSI FBS UNM, dosen dan mahasiswa JBSI FBS UNM, serta tamu undangan. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani