Kesalahan penulisan pada SK Rektor UNM - Foto.Tini-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) mengeluarkan surat edaran mengenai pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi korban gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar) pada 17 Januari lalu.

Namun, pada surat tersebut terdapat kekeliruan penulisan yang mengakibatkan surat tersebut viral dan menjadi bahan lelucon di kalangan mahasiswa.

Kesalahan penulisan pada bagian tembusan surat edaran pada poin 1 di penulisan kata Menteri Pendidikan dan Kebuayaan RI, yang seharusnya ditulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kesalahan penulisan surat tersebut sempat viral di kalangan mahasiswa sejak kemarin.

Salah satu mahasiswa UNM, Aga mengatakan kekeliruan pada satu huruf kata sangat berpengaruh bagi makna sebuah kata.

“Lucu, typo satu huruf tapi mengubah besar maknanya,” ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada pimpinan agar ke depannya mampu memperhatikan dengan baik-baik surat edaran yang dikeluarkan agar tidak terjadi kekeliruan seperti ini.

“Ya, harusnya lebih teliti begitu sebelum dikeluarkan surat edarannya,” jelasnya. 

Mahasiswa angkatan 2019 ini juga berharap kedepannya pimpinan kampus UNM mampu lebih teliti agar tidak mengulang kesalahan.

“Belajar dari pengalaman hari ini agar besok-besok tidak mengulang kesalahan yang sama, meskipun semua orang pasti tidak luput dari kekeliruan,” harapnya. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani