Proses Berlangsungnya Pemberian Materi Upgrading UKM MAPHAN Periode 2020/2021 - Foto.Ist
Proses Berlangsungnya Pemberian Materi Upgrading UKM MAPHAN Periode 2020/2021 - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Peduli HIV/AIDS dan Napza (MAPHAN) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Upgrading dan Rapat Kerja dengan tema “Optimalisasi Loyalitas dan Kualitas Menuju Progresivitas Lembaga” yang digelar di Baruga Paralegal, Kassi-Kassi , Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

Kegiatan Upgrading ini, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Rapat Kerja ke-XVIII pada 23 hingga 24 Januari 2021 mendatang.

Tujuan diadakannya kegiatan ini yakni untuk meningkatkan pengetahuan para pengurus untuk melanjutkan periode kepengurusan dan menjadi modal awal bagi para pengurus untuk merumuskan program kerja.

Jumasri, Dewan Pembina yang menjadi salah satu pemateri pada Kegiatan Upgrading tersebut membawakan materi “Metode Persidangan”. Dalam materinya Ia menjelaskan bahwa setiap ketukan palu dalam persidangan memiliki arti yang berbeda.

“Ketukan palu satu kali itu menandakan pengesahan keputusan atau esepakatan peserta sidang poin per poin, ketukan palu dua kali itu artinya menskorsing atau mencabut skorsing dalam waktu yang cukup lama atau diatas waktu 15 menit, dan ketukan palu 3 kali itu artinya membuka atau menutup sidang atau menetapkan hasil-hasil persidangan,” jelasnya

Di sisi lain, Muhammad Kahfi, Ketua Umum UKM MAPHAN UNM mengungkapkan alasan diangkatnya materi Metode Persidangan tersebut dalam Upgrading kali ini yaitu untuk memberikan pemahaman tentang kerja-kerja kepengurusan yang ada dalam sebuah lembaga.

“Materi-materi yang diberikan dalam upgrading ini adalah materi-materi yang memang dibutuhkan dalam membantu perumusan program kerja, dan juga seperti yang kita ketahui bahwa dalam sebuah lembaga pasti ada yang namanya rapat, otomatis nanti ketika pengurus membuat wadah dan rapat seperti kegiatan upgrading dan Rapat kerja ini, dibutuhkan pengetahuan tentang persidangan,” ujarnya. (*)

*Reporter: Mustika Fitri/Editor: Muhammad Khadafi