List Keuangan Foto-Int

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa kebanyakan punya masalah yang sama di akhir bulan, yaitu keuangan. Sering kali di mata mahasiswa, akhir bulan atau ‘tanggal tua’ itu seperti mimpi buruk. Pada saat itu tiba, kebanyakan akan berusaha keras untuk menekan sekecil mungkin pengeluaran apalagi yang masih belum bekerja dan bergantung pada uang kiriman orang tua.

Nah! Walaupun belum bekerja, tetap saja sebagai mahasiswa yang semakin beranjak dewasa perlu semakin dewasa juga dalam mengelola keuangan. Bayangkan ketika orang tua mengalami kesulitan untuk membantu dalam melunasi uang kuliah di semester baru. Apa yang akan terjadi jika ternyata tabungan habis karena tidak mengatur keuangan dengan baik?

Di sinilah pentingnya belajar mengelola keuangan dengan baik karena banyak hal yang tidak diketahui tentang hari esok, sehingga perlu untuk mempersiapkan keuangan dengan baik.

Dilansir dari finansialku.com berikut ulasannya:

  1. Menabung
    Tips yang dari kecil pasti sudah diajarkan oleh orangtua. Selalu prioritaskan tabungan kita saat menerima uang, baik itu dari orangtua atau sanak keluarga lain. Tabungan yang diprioritaskan akan sangat berguna di kemudian hari.
  2. Menentukan berbagai sumber pemasukan
    Manfaatkan sumber pemasukan dari orang tua. Disamping itu, mulailah belajar untuk melakukan usaha atau bekerja sampingan untuk membantu orang tua dalam pembiayaan kuliah atau sekadar menambah uang jajan sehingga orang tua bisa mengalokasikan dananya ke pos yang lain. Cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan yang tidak menyita waktu kuliah dan belajar.
  3. Membuat rencana anggaran keuangan
    Catat secara terperinci seluruh sumber pemasukan dan jenis-jenis pengeluaran rutin bulanan, selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat rencana anggaran keuangan. Atur dengan baik agar tidak terlalu besar di pengeluaran. Apabila pengeluaran lebih besar, lihat apakah ada yang bisa kamu pangkas atau ada pengeluaran yang sebenarnya bukan kebutuhan tetapi keinginan.

Nah, demikian beberapa tips bagi para mahasiswa dalam mengelola keuangan. Jika sudah diterapkan dan dibiasakan, tidak akan ada lagi kesulitan dalam mengatur keuangan saat akhir bulan tiba. (*)

*Reporter: Murni