Bencana gempa bumi. Foto-Int.

PROFESI-UNM.COM – Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.

Kebiasaan tidak tepat waktu harus dikurangi agar lebih menghargai detik yang berlalu. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk persiapan awal atisipasi diri saat terjadi gempa bumi, di antaranya:

  1. Jika berada di dalam rumah

Ketika terjadi gempa dan kita masih terjebak didalam rumah jangan panik, kita bisa berlindung di bawah kolom meja sambil mencari papan, bantal maupun benda lain yang bisa melindungi kepala kita dari reruntuhan.

  1. Jika berada di luar rumah

Ketika berada di luar rumah saat terjadi gempa kita harus menjauh dari gedung maupun pepohonan, sebaiknya kita lari ke lapangan.

  1. Jika berada di pusat perbelanjaan atau di tempat umum lainnya

Usahakan untuk tetap tenang, ikuti arahan dari aparat keamanan atau petugas penyelamat. Jangan menggunakan lift ketika terjadi gempa tapi gunakanlah tangga darurat, lalu bergeraklah ke tempat terbuka yang lebih aman.

  1. Jika berada di dalam kendaraan

Bila sedang mengemudi, berhentilah dan menjauh dari jembatan atau terowongan. Saat mengendarai kemudian terjadi gempa kita harus tetap tenang dan lari ketempat yang terbuka seperti lapangan.

  1. Jika berada di gunung atau pantai

ketika kita berada di pegunungan yang kita harus lakukan saat gempa yaitu kita harus bergerak ke lapangan jauh dari kaki gunung karena gempa dapat menimbulkan longsor. Jika tempat tinggal anda berada didekat laut besar kemungkinan terjadi tsunami, maka sebaiknya anda mengungsi ketempat yang lebih tinggi. (*)

*Reporter: Nuraisna Ramadani/Editor: Kristiani Tandi Rani