Aksi Aliansi Mahasiswa UNM. Foto-Fahmi/Profesi

PROFESI-UNM.COM – Salah seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) mengaku mendapat intervensi dari pihak birokrasi. Hal ini terjadi disebabkan karena Ia mengikuti aksi dalam menuntut subsidi UKT secara general di Depan Menara Pinisi pada 13 Januari 2021 kemarin.

Mahasiswa tersebut  mengungkapkan bahwa pihak birokrasi memberikan intervensi terhadap beberapa mahasiswa di beberapa fakultas termasuk FE. Ia menjelaskan intervensi tersebut berbentuk laporan kepada orang tua agar mahasiswa tidak melakukan aksi demonstrasi.

“Ada beberapa teman-teman di fakultas lain maupun di Fakultas Ekonomi itu sendiri mendapatkan intervensi dari pihak birokrasi, yang hanya cuman bagaimana ikut dalam menuntut subsidi general, Intervensi melalui orang tua agar tidak melakukan aksi dan menyampaikan pendapat di muka umum,” ungkapnya, Kamis (14/1).

Lanjut, Ia berharap agar pihak birokrasi memberikan subsidi UKT secara general, disebabkan situasi Covid-19 ini ekonomi menurun dan penghasilan oang tua juga berdampak karena situasi ini. Ia juga menambahkan agar pihak birokrasi tak memberikan intervensi kepada mahasiswa dikarenakan itu hak dari mahasiswa.

“Ke depannya bagaimana agar pihak birokrasi memberikan subsidi UKT secara general kepada mahasiswa UNM karena yang di mana kita ketahui semua mahasiswa merasakan betapa beratnya UKT yang harus dibayarkan di tengah situasi Covid-19 belum lagi ekonomi dari orang tua mahasiswa yang sangat menurun diakibatkan bencana Covid-19, kemudian bagaimana agar pihak birokrasi tidak memberikan intervensi kepada mahasiswanya karena apa yang di perjuangkan adalah hak dri mahasiswa itu sendiri,” harapnya. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang/Editor:Muh. Ilham Raihan