Budi Rahmadya Jelaskan Peran Iot di Masa Pandemi, Minggu (10/1). Foto-Mustika/Profesi.

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Elektronika (Himanika) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Webinar Nasional dengan mengusung tema “Perkembangan Teknologi Iot di Masa Pandemi” lewat daring via Zoom Cloud Meeting, Minggu (10/1).

Dalam webinar ini menghadirkan pemateri yang ahli di bidangnya, salah satunya ialah Budi Rahmadya  yang membawakan materi “Implementasi Iot di Indonesia Sejak Memasuki Masa Pandemi”.

Dosen Jurusan Teknik Komputer tersebut menjelaskan peranan penting teknologi IoT (Internet Of Things) pada bidang kesehatan terutama  di zaman pandemi.

“Teknologi  IoT sangat tren saat ini tidak hanya dari bidang industri tapi juga berguna dalam bidang kesehatan,” jelasnya

Lebih jelas, Ia mengatakan di tengah pandemi seperti  ini, banyak peneliti yang gencar meneliti mengenai IoT, secara khusus membahas mengenai peranannya dalam lingkup medis.

“Di sinilah tantangannya kalau kita ingin berbicara tentang IoT untuk medical care, banyak para peneliti saat ini membahas tentang medical care system ini dari segi Iotnya untuk masa pandemi ini mayoritas mereka membahas dari segi pasien seperti halnya mendeteksi awal Covid-19,” ujarnya

Ketua Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Ibaraki Prefectur ini juga memancing para mahasiswa UNM untuk membuat suatu alat yang berbasis teknologi IoT khususnya dalam bidang kesehatan.

“Apabila mengerjakan tugas akhirnya ataupun mengerjakan kegiatan-kegiatan lomba dan karya ilmiah lainnya dalam melakukan eksperimen untuk membuat prototype yang bersifat medical system untuk memperhatikan tidak hanya dari segi pasien tapi juga dari medical staff itu sendiri,” ucapnya.

Salah satu teknologi Iot yang dikembangkan oleh para mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada yaitu GeNose C19 yang menggunakan konsep alat pendeteksi dengan menggunakan pola nafas. (*)

*Reporter: Mustika Fitri/Editor:Kristiani Tandi Rani