Ilustrasi Support System. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Sebagai mahluk sosial, manusia perlu dukungan dari lingkungannya untuk mencapai tujuan hidupnya. Istilah support system kerap kali digunakan belakangan ini.

Dilansir dari idntimes.com, support system digunakan untuk menggambarkan lingkungan yang memberi dukungan bagi seseorang.

Berikut hal yang paling dasar yang boleh kamu terapkan untuk menjadi support system bagi orang terdekatmu.

  1. Berikan dukungan moril dan materil

Dukungan bentuk moril dan materil begitu berarti bagi seseorang. Meski tak seberapa namun mampu memberi makna mendalam bagi seseorang yang sedang berjuang akan terhadap sesuatu.

  1. Be a good listener

Kamu perlu menjadi pendengar yang baik. Saat Ia menceritakan berbagai peristiwa jatuh bangun untuk meraih tujuannya, kamu bisa menjadi sosok pendengar yang baik untuk cerita tersebut.

  1. Berikan kritik dan masukan

Sebagai support system, kamu pastinya selalu ingin yang terbaik untuk orang terdekatmu. Saat kamu melayangkan sebuah kritikan tentunya mesti disertai dengan masukan yang berguna.

  1. Keep In Touch

Jangan sampai komunikasi kamu dengan orang terdekatmu terputus. Meskipun jarak memisahkan tak akan jadi penghalang untuk kamu tetap keep in touch dengan orang terdekatmu.

  1. Empati

Untuk menjadi support system terbaik, kamu harusnya adalah sosok yang merasakan apa yang dirasakan oleh orang terdekatmu.

Saat sedih kamu pun turut merasakan namun kamu tak boleh ikut larut karena kamu mempunyai tugas untuk menjadi penyemangat agar bisa bersemangat lagi. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani