Ilustrasi mahasiswa. (Foto: int)

PROFESI-UNM.COM – Sebagai seorang mahasiswa tentunya kamu banyak menemui hal-hal baru yang tak kamu temui di bangku sekolah dulu. Salah satunya ialah singkatan atau istilah yang digunakan di kampus.

Berikut singkatan atau istilah yang digunakan di kampus yang dilansir dari kumparan.com, di antaranya:

  1. SKS

Kepanjangannya adalah Satuan Kredit Semester. Ketika kuliah, kamu bisa memilih mata kuliah dalam jurusan yang diinginkan untuk tiap semesternya.

Tapi biasanya pengisian KRS dilakukan ketika kamu masuk semester 3. Untuk semester awal, biasanya kampus memberikan paket mata kuliah untuk 1 semester.

Umumnya, untuk lulus sarjana, kamu harus menyelesaikan 144-160 SKS, kalau diploma kamu butuh 110-120 SKS. Banyaknya SKS yang bisa diambil tergantung dari indeks prestasi kamu.

  1. KRS

Kartu Rencana Studi atau KRS ini biasa diisi ketika mau masuk semester baru dan dilakukan mahasiswa semester 3, tapi tergantung universitas masing-masing.

Untuk pengisiannya biasanya bisa dilakukan online, tapi ada juga yang manual. Sebelum mengisi KRS, sebaiknya kamu konsultasikan ke Pembimbing Akademik (PA) atau disebut juga dosen wali.

  1. IP

Kepanjangannya adalah Indeks Prestasi. IP Ini merupakan nilai rata-rata kamu dalam 1 semester dan akan memengaruhi berapa banyak SKS yang bisa kamu ambil di semester selanjutnya.

  1. IPK

Ini dia yang sering dibangga-banggakan sama orang-orang. Indeks Prestasi Kumulatif atau disebut juga IPK maksimal yang bisa didapatkan seseorang adalah 4,00 dan paling rendahnya 1,00.

Kalau dari awal sampai akhir kuliah kamu lulus tepat waktu dan berhasil mempertahankan IPK 3,50 terus, kamu bisa dapat predikat cum laude. IPK itu merupakan rata-rata dari IP kamu tiap semester.

  1. UKM

UKM adalah Unit Kegiatan Mahasiswa. Sama seperti saat sekolah, kita mungkin mengenal istilah ekskul alias ekstrakurikuler.

Tiap universitas tentu punya UKM yang variatif. Saat masuk kuliah nanti, coba dicek saja, universitasmu memiliki UKM apa saja.

  1. SP

SP merupakan Semester Pendek. Ketentuan tiap kampus berbeda, ada yang menyelenggarakan SP untuk akselerasi biar bisa lulus cepat atau untuk mengulang mata kuliah yang enggak lulus di semester sebelumnya.

Biasanya SP diselenggarakan di tengah liburan semester genap menuju ganjil. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani