Chat pesan hoax dosen yang tersebar di PBSI FBS UNM - Foto.Tini-Profesi
Chat pesan hoax dosen yang tersebar di PBSI FBS UNM - Foto.Tini-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Beberapa menit yang lalu, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) digemparkan oleh sebuah pesan WhatsApp salah satu dosen yang meminta uang kepada mahasiswanya.

Setelah ditelurusi, ternyata pesan tersebut adalah pesan hoaks dari penipu yang berhasil membajak akun WhatsApp salah satu Dosen PBSI.

“Ada yang dichat sama pak Ramli?” ujar X mengawali pembicaraan di salah satu grub kelas PBSI. Pesan tersebut kemudian mendapat respon dari semua anggota grub yang mendapat pesan yang sama.

Menyikapi hal ini, Usman, Ketua Prodi PBSI mengatakan bahwa pelaku penipuan tersebut sempat berhasil masuk di grub jurusan tapi sudah diamankan.

“Iya. Dibajak dari tadi malam. Saya sudah blokir, masuk di grub jurusan, na obrak-abrik grub jurusan. Terpaksa grub jurusan ditutup,” ujarnya.

Hingga saat ini, pelaku sudah berhasil dilacak tapi pesan tersebut masih terus beredar dengan terus melakukan modus penipuan.

“Punya saldo? Saya pinjam ya? ATM yang saya punya masih touble.
Saya ganti uangnya besok paling lambat agak siangan ya. Urgent,” pesan pelaku penipuan yang beredar.

Untuk yang mendapatkan pesan serupa. Diharapkan untuk mewaspadai pesan tersebut. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani