Ilustrasi Mahasiswa. Foto-Int

PROFESI-UNM.COM – Seorang mahasiswa tentunya memiliki kesibukan dan tanggung jawab yang harus di tunaikan pada setiap semesternya. Tentunya kesibukan mahasiswa baru (maba) berbeda dengan mahasiswa tingkat akhir. Berikut kesibukan mahasiswa berdasarkan semester yang dilansir dari idntimes.com.

  1. Mahasiswa Semester 1 hingga 2

Biasanya mahasiswa semester awal disibukkan dengan kuliah, main,dan penampilan. Mahasiswa tentu masih fokus untuk mendapatkan IPK yang tinggi.

Pada semester ini biasanya masih relatif mudah untuk mendapatkan IPK tinggi, karena mata kuliah masih mudah dipahami dan jadwal kuliah tidak terlalu padat.

Oleh karena jadwal kuliah yang tidak padat, mahasiswa biasanya memanfaatkan waktu luangnya untuk main ke suatu tempat. Hal ini dalam rangka untuk menghilangkan rasa suntuk akibat tugas kuliah.

Tak hanya sibuk kuliah dan main, mahasiswa terutama mahasiswi biasanya juga disibukkan dalam hal penampilan.

Hal ini dikarenakan, karena masih merupakan mahasiswa baru, sehingga ingin memiliki ‘image’ yang baik bagi sekitarnya, terutama dosen.

  1. Mahasiswa Semester 3

Mahasiswa di semester 3 ini mulai memikirkan untuk mengikuti organisasi atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di kampusnya.

Hal ini dikarenakan untuk menambah teman, pengalaman dan koneksi. Tak hanya itu, mahasiswa mulai giat untuk mengikuti seminar-seminar yang diadakan di kampus ataupun di luar kampus.

Tentu mengikuti seminar bertujuan untuk mendapatkan pengalaman dan sertifikat untuk memenuhi syarat kelulusan.

  1. Mahasiswa Semester 4

Di semester 4 biasanya mahasiswa mulai sibuk untuk mencari pasangan. Hal ini dikarenakan waktunya dinilai pas untuk mencari pasangan, sebelum disibukkan dengan kegiatan seperti PPL,PKL dan KKN, dan skripsi.

Rata-rata mahasiswa mencari pasangan untuk menemaninya ketika wisuda. Sehingga ketika wisuda, mahasiswa tidak berfoto sendiri alias punya pendamping wisuda.

Lain halnya dengan mahasiswa yang sudah memiliki pasangan jauh-jauh hari, rata-rata pada semester ini banyak mahasiswa yang melangsungkan pertunangan, bahkan pernikahan.

Oleh karena adanya tren menikah muda dan dinilai bahwa nikah muda itu dapat membuat masa depan lebih baik.

  1. Mahasiswa Semester 5-6

Pada semester ini mahasiswa akan disibukkan dengan PPL dan PKL sesuai dengan kompetensi kampus masing-masing.

PPL (Program Pengalaman Lapangan) merupakan program yang wajib diikuti oleh mahasiswa pendidikan dengan tujuan untuk mempraktikkan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa dalam kegiatan mengajar di suatu sekolah.

PKL singkatan dari praktek kerja lapangan atau magang, merupakan program yang wajib diikutii oleh mahasiswa nonpendidikan dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.PPL dan PKL sendiri biasanya dilaksanakan selama satu bulan.

  1. Mahasiswa Semester 7

KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat pada waktu dan daerah tertentu. Biasanya mahasiswa di semester 7 akan disibukkan dengan KKN.

Rata-rata KKN dilaksanakan selama dua bulan.Dalam KKN tentu mahasiswa disibukkan dalam mendaftar, mencari tempat untuk KKN hingga membuat laporan.

Selanjutnya, mahasiswa juga mulai sibuk untuk menyusun skripsi yang merupakan syarat kelulusan kuliah. Skripsi inilah yang menjadi momok tersendiri sehingga membuat mahasiswa menjadi sangat sibuk.

Hal ini dikarenakan membuat skripsi itu ‘rumit’. Mulai dari menentukan topik, judul,melakukan penelitian, dan masih banyak lagi. Hal itu belum lagi jika skripsi tersebut di revisi oleh dosen pembimbing.

Tentu akan membuat mahasiswa mau tidak mau mengerjakan ulang sesuai yang diarahkan dosen pembimbing. Tak hanya itu, waktu untuk bertemu dosen pembimbing tidaklah mudah. Terutama jika dosen merupakan dosen yang sangat ‘aktif’ dalam kegiatan-kegiatan.

  1. Mahasiswa Semester 8

Semester 8 mahasiswa mulai disibukkan dengan wisuda. Mulai dengan mencari tahu syarat-syarat agar bisa wisuda,menyiapkan biaya untuk wisuda,mencari perlengkapan untuk wisuda, mengikuti acara syukuran untuk wisuda, dan masih banyak hal yang membuat mahasiswa sangat sibuk.

Setelah wisuda pun biasanya mahasiswa masih disibukkan dengan mengurus dokumen kelulusan dan mencari pekerjaan. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani