WR II Universitas Negeri Makassar - Foto.Profesi
WR II Universitas Negeri Makassar - Foto.Profesi

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali memperpanjang masa lockdown. Melihat situasi saat ini, kemungkinan sistem perkuliahan di UNM kembali berlangsung secara daring.

Menyikapi hal ini, banyak mahasiswa yang mengeluhkan mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT). Mereka berharap akan ada subsidi UKT di semester ini. Namun, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan (WR II) Karta Jayadi membantah hal ini.

Ia mengatakan bahwa tidak akan ada subsidi UKT semester genap. Subsidi UKT semester lalu juga bukan dari UNM tapi dari pemerintah.

“Tidak ada subsidi UKT semester ini. Subsidi semester lalu itu dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) Kemendikbud,” ujarnya.

Eks Dekan Fakultas Seni dan Desain (FSD) ini juga mengatakan bahwa UNM tidak pernah memberikan subsidi UKT. UNM hanya memberikan subsidi kuota pada semester sebelumnya.

“Semester genap nanti ini, kembali ke UKT semula. UNM tidak pernah berikan subsidi UKT kecuali subsidi kuota sebelum diambil alih oleh Kemdikbud,” jelasnya.

Terakhir, Ia mengimbau kepada mahasiswa yang kurang mampu secara finansial untuk mengurus penurunan UKT menurut alur yang berlaku.

“Bagi mahasiswa yang orangtuanya mengalami masalah keuangan, silakan mengajukan permohonan penurunan UKT sesuai aturan,” tuturnya. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani